Pilgub Jatim Bikin Pusing Muslimat NU

Amaluddin    •    Sabtu, 21 Oct 2017 13:39 WIB
pilkada serentakpilgub jatim 2018
Pilgub Jatim Bikin Pusing Muslimat NU
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Metrotvnews.com, Surabaya: Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur galau antara mendukung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul atau Khofifah Indar Parawansa pada Pilgub Jatim 2018 mendatang. Lantaran keduanya sama-sama kader NU.

"Repot juga," kata Wakil Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Jatim, Istibjaroh, saat dikonfirmasi, Sabtu 21 Oktober 2017.

Sejatinya muslimat secara organisasi akan mendukung calon yang berasal dari NU. Mereka telah mengumpulkan dukungan untuk Gus Ipul. Namun, Khofifah semakin pasti bakal menantang petahana di pesta demokrasi Jawa Timur.

"Saat ini kami solid dukung pasangan Gus Ipul-Anas. Tapi kalau nanti Bu Khofifah resmi maju di Pilgub Jatim, kami akan bicarakan lagi dengan pengurus," ujarnya.

Istibjaroh mengaku tidak bisa bersikap kalau kedua kader NU itu benar-benar bertarung pada Pilgub Jatim. Dukungan muslimat pun bakal pecah.

"Kami akan serahkan ke masing-masing anggota terkait dukungan," katanya.

Saifullah Yusuf alias Gus Ipul adalah satu-satunya kader NU yang sudah deklarasi dan mendapat dukungan resmi untuk maju pada Pilgub Jatim 2018. Bersama Abdullah Azwar Anas, pasangan ini diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara kader NU lainnya, yakni Khofifah Indar Parawansa juga semakin memastikan langkah maju di Pilgub Jatim. Perempuan yang kini menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) itu sudah didukung NasDem (4 kursi) dan Golkar (13 kursi). Kurang beberapa kursi dari dukungan minimal Parpol.


(SUR)