Tiga Jenderal Pantau Jalur Penyeberangan Pelabuhan Ketapang

Dhaifurrakhman Abas    •    Rabu, 27 Dec 2017 01:42 WIB
Tiga Jenderal Pantau Jalur Penyeberangan Pelabuhan Ketapang
Sejumlah sepeda motor melintas di dermaga menuju kapal di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (29/3/2017).

Banyuwangi: Tiga jenderal dari TNI dan Polri melakukan pemantauan jalur penyeberangan di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Kunjungan itu untuk melihat kesiapan pengamanan pasca libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. 

Ketiganya yakni Asisten Operasi Kapolri Irjen M. Iriawan, Kapolda Jawa Timur Irjen Machfud Arifin, dan Pangdam V Brawijaya Mayjen Tni Arif Rahman. 

Selain melihat kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru, ketiganya juga menyaksikan simulasi kesiapan TNI, Polri, dan Basarnas dalam mengevakuasi penumpang yang jatuh di Selat Bali tersebut.

Simulasi penyelamatan penumpang kapal yang jatuh dilakukan oleh petugas dari Integrated Rescue Team (IRT) di Pelabuhan Ketapang. IRT merupakan pasukan gabungan yang terdiri dari petugas pengamanan perairan dari Satpolairud, TNI AL dan Basarnas. 

Dalam simulasi tersebut, IRT menyelamatkan dua penumpang yang terjatuh dari kapal ke perairan, dengan menggunakan armada kapal yang sudah dipersiapkan. 

Usai melakukan kunjungan itu, Kapolda Jawa Timur, Irjen Machfud Arifin, mengapresiasi kesiapan petugas gabungan tersebut. Ia menyimpulkan bahwa tingkat keamanan dan kesiapan oleh pihak keamanan di Banyuwangi dinilai tinggi.  

"Ada polisinya, ada angkatan lautnya, ada Basarnasnya, semuanya. Ini menandakan kita bahu-membahu untuk bisa menjaga dan melayani masyarakat dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru," kata Machfud, Selasa, 26 Desember 2017.







(DHI)