MUI Sidoarjo tak bakal Ikut Aksi 2 Desember

Nurul Hidayat, Syaikhul Hadi    •    Senin, 28 Nov 2016 18:13 WIB
unjuk rasa
MUI Sidoarjo tak bakal Ikut Aksi 2 Desember
Aksi bela Islam di Jakarta, 4 November, MI - Agung Wibowo

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sidoarjo, Jawa Timur, tak berencana ikut dalam aksi bela Islam Jilid III di Jakarta. MUI berkomitmen menyerahkan agenda penegakan hukum terhadap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok ke kepolisian.

Ketua MUI Sidoarjo KH Hambali mengatakan mengikuti instruksi MUI pusat agar tak terlibat dalam aksi 2 Desember. MUI pun menyampaikan instruksi itu ke sejumlah tokoh agar tak mengerahkan massa ke Ibu Kota.

Agenda aksi yaitu menuntut Mabes Polri menahan Ahok yang menjadi tersangka kasus penistaan agama. Aksi berlangsung pada Jumat 2 Desember.

"Bagi kami, kami hanya mengikuti proses hukum. Kami percaya sepenuhnya kepada polisi," kata Hambali di Sidoarjo, Senin (28/11/2016).

Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko pun mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) tak ikut aksi. Bila terbukti terlibat, Bupati menegaskan bakal memberi sanksi pada yang bersangkutan.

"Pemerintah kabupaten sudah sesuai mekanisme. Jadi tak ada alasan ASN untuk ikut berdemonstrasi," tegas Bupati usai rapat paripurna di Kantor DPRD Jombang.

Bupati pun meminta warga Jombang menghormati hukum dan mengutamakan kebhinekaan tunggal ika. Sehingga warga tak perlu terlibat dalam aksi 2 Desember.


(RRN)