Bocah Pencipta Helm Berpendingin Bagi-bagi Inspirasi di Surabaya

Amaluddin    •    Selasa, 15 Nov 2016 19:59 WIB
pendidikan
Bocah Pencipta Helm Berpendingin Bagi-bagi Inspirasi di Surabaya
Acara Talk Show bertajuk Suro Hope di Gedung Balai Budaya, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Tanggung jawab ayah yang memenuhi kebutuhan hidup keluarga membuka mata hati Nara Linus Pradana. Melihat langsung kondisi ayah yang berpanas-panasan berkendara menuju hingga pulang kerja justru memunculkan ide brilian dari Nara.

Nara mengaku melihat ayahnya berkeringan saat pulang sekolah. Ia beranggapan helm yang digunakan justru membuat ayahnya kepanasan.

"Kemudian saya mengembangkan ide agar helm tidak lagi membuat panas kepala. Lalu saya menciptakan helm berpendingin dengan teknologi thermal," kata Nara dalam acara bertajuk Suro Hope di Gedung Balai Budaya, Kota Surabaya, Selasa (15/11/2016).

Saat menciptakan helm itu, Nata masih duduk di bangku SD. Dia membuat inovasi helm berpendingin atau helm dengan lapisan popok. 

Ia mengikutkan karyanya tersebut dalam lomba penemu muda LIPI. Hasil karya Nara mendapat medali emas. Bahkan hasil temuannya itu dipatenkan Gel Coated Helmet dengan nomor S00E01100236.

Kini Nara duduk di bangku SMA. Nara kembali membuat terobosan. Ia membuat helm antibegal. 

Sistem kerja helm itu yaitu menghubungkan tombol dengan sepeda motor. Perangkat pada helm merupakan bagian tranceiver. Sedangkan perangkat pada motor adalah receiver.

Saat motor dirampas di tengah jalan, tombol pada helm dipencet dan langsung mengirimkan pesan ke sepeda motor. Sepeda motor pun akan menyalakan alarm dengan bunyi kencang. Mesin motor pun otomatis mati.

Nara merupakan satu dari lima pelajar yang membagikan inspirasi dalam kegiatan tersebut. Selain Nara, empat pelajar lain yaitu enterpreneur muda, Wilson Tirta; pelajar berprestasi Aryo Seno Bagaskoro; Pelajar Pelopor 2015, Angelica Wahyu Kartika; dan Pelaksana tugas Ketua Forum Anak Surabaya, Nabila Yasmindira Falyauri.

Sekretaris Dispendik, Aston Tambunan, mengaku mengapresiasi prestasi kelima anak tersebut. Lantaran itu, ia ingin kelima anak itu membagikan inspirasi pada ratusan anak di Surabaya.

“Pemerintah kota akan terus berupaya mempersiapkan saluran-saluran dalam mendorong prestasi pelajar di berbagai bidang," katanya.


(RRN)