Dahlan Iskan Bantah Kenal Pengacara Penyuap AKBP Brotoseno

Amaluddin    •    Jumat, 18 Nov 2016 17:52 WIB
dahlan iskan
Dahlan Iskan Bantah Kenal Pengacara Penyuap AKBP Brotoseno
Dahlan Iskan. (Media Indonesia/Galih Pradipta)

Metrotvnews.com, Surabaya: Pejabat kepolisian, AKBP Brotoseno tertangkap menerima suap dari pengacara berinisial HR. Polisi menyebut HR merupakan pengacara seseorang berinisial DI.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Hubungan Masyarakat Polri Kombes Rikwanto menyampaikan, inisiatif penyuapan datang dari HR. Pengacara itu ingin Brotoseno memperlambat penyidikan kasus dugaan korupsi cetak sawah di Kalimantan Barat.

Baca: Pengaruh AKBP Brotoseno Dihargai Rp3 Miliar

Cetak sawah merupakan program Kementerian BUMN ketika dijabat Dahlan Iskan. Program pengadaan lahan di Kalbar mulai 2012-2014. Dahlan menjadi inisiator proyek yang belakangan diduga fiktif.

Namun, Dahlan menyanggah kenal HR. "Yang jelas tidak ada pengacara saya yang namanya HR," kata Dahlan di Mapolda Jatim, Jumat (18/11/2016).

Kedatangan Dahlan ke Mapolda Jatim untuk memenuhi panggilan penyidik Bareskrim Mabes Polri. Bos Jawa Pos Group itu diperiksa sebagai saksi terkait kasus cetak sawah.

Senada disampaikan salah seorang pengacara Dahlan, Riri Purbasari Dewi. Dia menegaskan tidak ada nama HR dalam timnya.

"Kami tidak kenal yang namanya HR. Pengacara DI di kasus cetak sawah adalah saya, Mas Imam, dan Mursyid Budiantoro," katanya.

Baca: Kronologi Penangkapan AKBP Brotoseno

Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, AKBP Brotoseno, tertangkap tangan menerima suap dari seorang pengacara berinisial HR melalui rekannya, LM. Brotoseno diduga menerima suap bersama rekannya sesama polisi, inisial D. HR menyerahkan uang Rp1,9 miliar.


(SAN)