Dapat Bantuan Rp2,1 T, Pembangunan Jalur Lingkar Selatan di Jatim Dilanjutkan

Amaluddin    •    Selasa, 08 Nov 2016 18:36 WIB
infrastruktur
Dapat Bantuan Rp2,1 T, Pembangunan Jalur Lingkar Selatan di Jatim Dilanjutkan
Kondisi jalan di jalur selatan Jatim, tepatnya di Jember, Ant - Seno

Metrotvnews.com, Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur bakal melanjutkan proyek pembangunan jalur lingkar selatan (JLS) pada 2017. Untuk melanjutkan proyek, Pemprov mendapatkan bantuan berupa pinjaman lunak atau loan sebesar Rp2,1 triliun dari Islamic Development Bank (IDB).

Jalur tersebut menghubungkan delapan kabupaten di Jatim. Jalur membentang mulai dari Pacitan hingga Banyuwangi.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan pemerintah pusat telah menyetujui bantuan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah merancang penggunaan dana bantuan itu.

"Kami memastikan anggaran itu turun tahun depan," kata Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu di Surabaya, Selasa (8/11/2016).

Pakde Karwo mengatakan JLS membentang sepanjang 673,8 Kilometer. Lahan yang baru dibebaskan dan dibuka sepanjang 553,2 Km. 

Jalan yang sudah bisa dilintasi yaitu 334,490 Km. Sementara 33,2 Km dalam kondisi sudah dicor dengan semen.

"Jadi dengan dana pinjaman itu, pengerjaan JLS akan segera rampung. Pengerasan dan pelebaran jalur di Lumajang dan Blitar akan dapat dikerjakan," kata Pakde Karwo.

Proses pembangunan JLS dimulai pada 2002. Pemerintah mengucurkan anggaran sebesar Rp2,4 triliun untuk JLS. Namun, pengerjaannya baru kurang lebih 75 persen.


(RRN)