Calhaj Sumenep Diimbau Mewaspadai Kolera

Rahmatullah    •    Jumat, 28 Jul 2017 17:23 WIB
haji 2017
Calhaj Sumenep Diimbau Mewaspadai Kolera
Ilustrasi jemaah haji/MTVN/Pythag K

Metrotvnews.com, Sumenep: Calon haji (calhaj) di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, diimbau mewaspadai penyakit kolera. Sebelum berangkat ke Mekkah yang dijadwalkan tanggal 16 Agustus mendatang, jemaah sebanyak 521 orang disarankan rajin konsultasi kesehatan ke puskesmas maupun dokter.
 
“Kemungkinan penyakit yang akan menyerang calon haji kita di Mekkah dan Madinah adalah kolera. Makanya disarankan semua jemaah sering konsultasi kesehatan sebelum berangkat,“ saran Kasi Umroh dan Haji Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Sumenep, Moh Rifae Hasyim, Jumat 28 Juli 2017.

Hasyim bilang, jemaah haji juga akan didampingi tiga orang tim medis dari Kankemenag dan dibantu 1 tenaga medis dari pemerintah daerah. Tim dipastikan intens mengawasi kesehatan jemaah, dan segera melakukan penanganan jika ada calhaj yang tiba-tiba terserang penyakit.
 
“Jemaah juga diharapkan memeriksa kesehatan kepada tim medis itu, sehingga perjalanan ibadah haji lancar sesuai harapan,” ujarnya.

Penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah meningitis. Tapi, Hasyim memastikan semua jemaah sudah divaksin untuk menangkal penyakit tersebut. Meski begitu, dia tetap mengimbau jemaah berhati-hati terhadap penyakit yang mempengaruhi selaput halus (membran)- yang disebut meninges (baca: men-in'-jeez) - yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang.
 
Selain itu, Hasyim juga menyarankan jemaah melakukan vaksin tambahan berupa vaksin influenza. Cuaca panas di Mekkah dan Madinah rentan menyebabkan flu, bahkan batuk. Berdasarkan pengalaman pribadinya saat haji, vaksin influenza menjauhkan dirinya dari bersin dan batuk.
 
“Vaksin influenza bukan kewajiban. Tapi betapa pentingnya kesehatan bagi para jemaah agar hajinya berjalan lancar,“ tandasnya.
 
Calhaj di Kabupaten Sumenep tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun lalu sebanyak 474 orang, dan tahun ini berjumlah 521 orang. Calhaj akan diberangkat dalam dua kloter, yaitu kloter 58 dan kloter 59.



(ALB)