Tanggul Lumpur Porong Turun

Tanggul Lumpur Longsor di Sidoarjo Diperbaiki

Syaikhul Hadi    •    Senin, 08 Oct 2018 14:47 WIB
semburan lumpur
Tanggul Lumpur Longsor di Sidoarjo Diperbaiki
Petugas mengecek tanggul di titik 67 Kedungbendo Tanggulangin, Sidoarjo, ambles, Medcom.id - Hadi

Sidoarjo: Perbaikan tanggul di titik 67 Kedungbendo Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, dilakukan mulai Senin, 8 Oktober 2018. Perbaikan dilakukan untuk mengantisipasi air dan lumpur meluber ke permukiman.

Humas Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS) Hengki Listria Adi mengatakan beberapa bahan dibawa ke sekitar tanggul. Seperti material pasir dan batu. Lima alat pengeruk pun disiagakan di sekitar lokasi.

Pekerja juga menutup sementara akses di titik 68. "Karena ini kan sumber air dan lumpurnya mengalir dari titik 68. Jadi, sementara ini harus ditutup dulu alirannya yang mengarah ke utara," ujar Hengki.

Semenjak tanggul ambles, BPLS berupaya mengatasi permasalah tanggul dengan cara menurunkan debit air terlebih dahulu. Elevasi yang sebelumnya mencapai 9 meter, menurun menjadi 6 meter. 

Baca: BPLS Klarifikasi Tak Ada Warga Mengungsi

"Memang, air dan lumpur kemarin sempat tinggi. Makanya kita buang dengan cara mengalirkan dengan pompa paku ke titik 83, lalu menggunakan kapal keruk. Dan selanjutnya dilakukan penanganan tanggul utama," jelasnya. 

Di sisi lain, pihaknya juga melakukan pembuatan alur dari pusat semburan ke arah selatan, meski sebagian air dan lumpur mengarah ke Utara. "Pembuatan alur itu untuk mengurangi beban air dan lumpur yang ada di titik Utara. Makanya kita arahkan ke selatan, kemudian dialirkan ke Sungai Porong," terangnya. 

Sejauh ini, lanjutnya belum ada air dan lumpur yang meluber ke permukiman warga. Petugas melakukan pengukuran dan mengupayakan untuk perbaikan tanggul. 


(RRN)