Mahasiswa di Malang Diedukasi Keaslian Uang Rupiah

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 30 Apr 2018 11:01 WIB
ekonomi
Mahasiswa di Malang Diedukasi Keaslian Uang Rupiah
Petugas BI menyampaikan materi soal keaslian uang rupiah pada mahasiswa peserta Youtgh Camp 2018 di Malang, Minggu 29 Maret 2018, Medcom.id - Daviq

Malang: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang memberikan edukasi kepada 150 mahasiswa penerima beasiswa lewat kegiatan GenBI (Generasi Baru Indonesia) Youth Camp 2018 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Arhanud TNI AD, Kota Batu, Jawa Timur. Acara berlangsung selama dua hari mulai 27 April 2018.

Kegiatan yang diadakan BI bersama pengurus GenBI Jatim Korkom Malang ini dalam rangka peningkatan pemahaman anggota baru GenBI Malang terhadap BI serta meningkatkan kapasitas dan kualitas GenBI. Kegiatan dengan tema “Build a Character to be Great leader” ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari tiga universitas di Kota Malang. Yakni Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. 

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Malang, Jaka Setyawan mengatakan kegiatan ini adalah sebuah bentuk upaya menyiapkan apabila para mahasiswa penerima beasiswa BI ini kembali ke masyarakat.

“Saya berharap seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan senang hati. Latihan baris berbaris yang diberikan untuk membangun fisik dan kekompakan, serta capacity building lainnya untuk mendorong pembangunan yang berkualitas di masyarakat,” katanya Minggu, 29 April 2018.

Jaka mengungkapkan lewat kegiatan peningkatan soft skill dan hard skill yang pada GenBI Youth Camp ini diharapkan mampu meningkatkan kapabilitas para GenBI dan bisa memberikan dedikasi terbaik untuk negeri.

Sebab, selain diberikan materi tentang kebanksentralan dan ciri-ciri keaslian uang rupiah, mahasiswa juga diberikan berbagai macam pelatihan lainnya. Seperti pelatihan kepemimpinan, wawasan kebangsaan dan bela negara oleh Pusdiklat Arhanud. 

Dengan pelatihan ini diharapkan anggota GenBI dapat memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila serta membangun karakter pemimpin yang tegas dan bijaksana. 

Adapun pengisi materi pada Genbi Youth Camp ini terdiri dari inisiator dan Konsultan GenBI di seluruh Indonesia dari Departemen Komunikasi Kantor Pusat BI, Abdul Rachman serta Owner Ayam Goreng Nelongs, Nanang selaku owner dari Ayam Goreng Nelongso di Malang. 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BI Malang, Dudi Herawadi menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta GenBI Youth Camp. Dia berpesan agar GenBI Malang dapat terus mengasah kemampuan diri guna kelak bisa memberikan kontribusi nyata bagi negeri. 

“Para anggota GenBI Malang ini tidak hanya sekedar penerima beasiswa, namun diharapkan GenBI mampu menjadi agen komunikasi berbagai kebijakan dan program Bank Indonesia sekaligus memiliki jiwa disiplin, dan kepedulian sosial yang tinggi agar kelak mampu berkontribusi nyata dalam pembangunan negeri," pungkasnya.


(RRN)