1.896 Jiwa Terdampak Banjir di Jombang

Nurul Hidayat    •    Rabu, 20 Dec 2017 01:58 WIB
bencana banjir
1.896 Jiwa Terdampak Banjir di Jombang
Warga mengungsi di Balai Desa Kademangan setelah rumahnya terendam banjir. Foto: Medcom.id. Nurul Hidayat

Jombang: Sebanyak 1.896 jiwa terdampak dalam banjir tahunan yang melanda di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Sedikitnya 320 jiwa harus mengungsi akibat banjir tersebut.

"Saat ini untuk titik pengungsian ada di Balai Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, dan jika kondisi lebih parah akan kita pindahkan ke ruang terbuka hijau yang ada di Mojoagung," ujar sekertaris BPBD Kabupaten Jombang, Ahmad Saichul Jabara di Balai Desa, Kademangan, Selasa, 19 Desember 2017.

Ia menuturkan, mereka yang mengungsi saat ini didominasi oleh ibu-ibu, anak-anak serta para lansia yang ada di Desa Kademangan. Saat ini BPBD tengah menyiapkan paket sembako untuk kebutuhan logistik dari para pengungsi.

Baca: Tiga Kecamatan di Jombang Dilanda Banjir Akibat Hujan Deras

"Sudah kita siapkan untuk logistiknya daan saat ini sedang dilakukan dapur darurat untuk para pengungsi," imbuhnya.

Pantauan Medcom.id dilokasi, banjir yang mengenangi Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung belum juga menujukan tanda-tanda surut. Banjir terjadi akibat luapan Sungai Gunting dan Panjer yang mengapit desa tersebut. Tingginya curah hujan di kawasan hulu sungai yang terletak di Kecamatan Wonosalam serta Kandangan membuat luberan air sungai.

Sebelumnya, Tiga kecamatan di Kabupaten Jombang, Jawa Timur dilanda banjir, akibat tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Jombang sejak Selasa, 19 Desember 2017 sore hari. Kondisi banjir terparah terletak di Kecamatan Mojoagung.


(DMR)