Kurir Narkoba Simpan Sabu di Dubur

Syaikhul Hadi    •    Rabu, 24 Jan 2018 17:28 WIB
narkobasabu
Kurir Narkoba Simpan Sabu di Dubur
Dua kurir Narkoba Jaringan Internasional ditangkap petugas Bandara Juanda. Medcom.id.Hadi

Sidoarjo: Dua kurir narkoba jaringan internasional ditangkap petugas gabungan di Terminal 2 Bandara Juanda, Jawa Timur. Dari tangan tersangka, petugas menyita sekitar 3 kilogram narkoba jenis sabu. 

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC), Budi Harjanto, mengatakan dua tersangka berinisial ZH, 27, dan RY, 37, ditangkap di waktu dan modus berbeda. ZH ditangkap Minggu, 14 Januari.  Penumpang pesawat Air Asia XT 393 rute Johor Baru-Surabaya itu ditangkap lantaran menyebunyikan sabu seberat 70 gram di dalam dubur.

"Saat diperiksa, petugas mencurigai adanya sesuatu di dalam tubuh ZH," kata Budi, Rabu, 24 Januari 2018. 

RY ditangkap, Rabu, 17 Januari. RY yang baru turun dari bandara usai melancong di Johor Baru, langsung diperiksa petugas. Saat pemeriksaan, petugas mendapati sekitar 2.950 gram yang berisikan narkoba jenis methampethamine. 

"Barang bukti disembunyikan dalam baskom yang sudah dimodifikasi. Barang dimasukkan ke dalam tas," katanya melanjutkan. 

Dari keterangan tersangka, keduanya akan mendapat komisi sekitar Rp20 juta hingga 90 juta sekali pengiriman. Apes, keduanya ditangkap lebih dulu sebelum narkoba yang dibawanya diedarkan di Jawa Timur. 

"Untuk ZH kita serahkan ke BNN Jatim, sedangkan RY diserahkan ke Ditresnarkoba Polda Jatim untuk pengembangan kasus," tegasnya. 

Keduanya dikenakan UU No. 5/2009 tentang Narkotika, Pasal 113 Ayat 1 dan 2 KUHP, dan UU Kepabean No. 17/2006. Maksimal pidana hukuman mati atau seumur hidup. 



(ALB)