Warga: Susahnya Mengurus KTP

Nurul Hidayat    •    Minggu, 18 Sep 2016 08:49 WIB
e-ktp
Warga: Susahnya Mengurus KTP
Antrean perekaman data e-KTP di Dispendukcapil Jombang, Jatim, Minggu (18/9/2016). (Foto-foto: Metrotvnews.com/Nurul Hidayat)

Metrotvnews.com, Jombang: Antusiasme masyarakat Jombang, Jawa Timur, merekam data Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) makin menjadi. Bahkan, warga terus berdesakan di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat, Minggu, 18 September.

Baca: Lakukan ini jika Temui Kendala Pembuatan E-KTP

Pantauan Metrotvnews.com, di kompleks perkantoran Pemkab Jombang sudah dipenuhi warga. Mereka berdesak-desakan. Ibu-ibu yang menggendong bayi pun tak bisa menghindari saling dorong di antara pengantre.

"Jangan dorong-dorong, kasihan ada ibu-ibu bawa bayi. Ada anak-anak yang terjepit ini. Sabar dong," ujar salah satu warga pengantre di atas kursi, mencoba menenangkan warga.

Baca: Mendagri: Tenggat Waktu Perekaman E-KTP bisa Diperpanjang


Suasana antrean e-KTP di Dispendukcapil Jombang, Jatim, Minggu (18/9/2016).

Keributan terjadi diduga karena para pemohon yang mayoritas datang dari dini hari tersebut ingin segera dilayani. "Sudah datang sejak jam 3 pagi, eh dari sini sudah dapat antrean nomor 322. Susahnya mengurus KTP," keluh Antoni.

Dispendukcapil Jombang juga melayani perekaman e-KTP pada akhir pekan. Kegiatan itu bertujuan mempercepat proses pelayanan e-KTP. 

Baca: Hari Layanan e-KTP Ditambah, Antrean di Dispendukcapil Masih Panjang

Di Jombang, jumlah warga yang wajib mengantong e-KTP sebanyak 1,8 juta orang. Hingga berita ini disusun, jumlah warga yang belum membuat e-KTP yaitu 21.233 jiwa.


(SAN)