Angin Kencang Tumbangkan Puluhan Pohon di Malang

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 23 Jan 2019 12:57 WIB
cuaca ekstremangin kencang
Angin Kencang Tumbangkan Puluhan Pohon di Malang
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Batu: Kota Batu, Jawa Timur dilanda hujan lebat dan angin kencang sejak Selasa 22 Januari 2019 hingga hari ini, Rabu 23 Januari 2019. Peristiwa tersebut mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, sejak kemarin, pohon yang tumbang ada di 34 titik di Kota Batu.

"Dengan rincian 26 kejadian (pohon tumbang) sudah ditangani dan 8 kejadian belum ditangani," kata Achmad dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id.

Achmad menjelaskan, di antara pohon tumbang tersebut ada yang 
menimpa tiga mobil, satu warung, papan reklame rusak, putusnya jaringan penerangan jalan umum (PJU) dan hingga menyebabkan putusnya jaringan listrik.

"Itu juga menyebabkan mengakibatkan matinya listrik di sebagian wilayah Kota Batu, serta putusnya jaringan kabel telekomunikasi," ungkap Achmad.

Achmad menyampaikan, diprediksi pohon tumbang akan terus bertambah selama hujan lebat dan angin kencang melanda. Angin kencang diprediksi masih terus terjadi di wilayah Kota Batu.

"Sampai saat ini upaya penanganan darurat masih terus dilaksanakan oleh satgas gabungan," beber Achmad.

Achmad kembali mengatakan, penanganan darurat yang dilaksanakan antara lain membersihkan pohon tumbang dengan prioritas pohon-pohon tumbang yang menutup akses jalan dan pemulihan sarana dan prasarana vital jaringan listrik dan jaringan telekomunikasi.

Di sisi lain, BPBD Kota Batu mengimbau agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi ancaman pohon tumbang di sekitar wilayahnya masing-masing.


(DEN)