Sidoarjo Belum Berstatus Darurat Siaga usai Diterjang Puting Beliung

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 23 Nov 2017 18:58 WIB
puting beliung
Sidoarjo Belum Berstatus Darurat Siaga usai Diterjang Puting Beliung
Sejumlah rumah dan fasilitas uimum rusak di Sidoarjop diterjang puting beliung. Foto: Metrotvnews.com / Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sidoarjo belum mengeluarkan status darurat siaga atas bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Waru Sidoarjo, Jawa Timur. Penetapan status siaga darurat dinilai masih terlalu dini karena masih dalam musim pancaroba.

"Masih belum. Perubahan musim pancaroba ini masih awal," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sidoarjo, Dwijo Prawito kepada Metrotvnews.com, Kamis, 23 November 2017

Saat ini pihaknya tengah fokus terhadap warga yang menjadi korban puting beliung. Sehingga segala bentuk bantuan baik dari makanan, minuman, tempat pengungsi dan perbaikan rumah bisa tertata rapi.

"Tadi kita sudah siapkan makanan dan minuman untuk korban sekitar seribu. Bantuan itu akan terus didistribusikan untuk korban bencana," jelasnya.

(Klik: 720 Rumah di Sidoarjo Diterjang Puting Beliung)

Pihaknya tak menampik, banyak dari kalangan warga Sidoarjo, relawan maupun beberapa ormas memberikan bantuan baik makanan, minuman dan alat perlengkapan seperti terpal dan obat-obatan.

"Bantuan itu bisa saja bertambah. Karena kondisi nya masih terus terjadi penambahan Korban puting beliung," tambahnya.

Pihaknya berharap, warga tetap waspada akan datangnya puting beliung susulan. Karena kondisi saat ini sedang memasuki peralihan musim.

(Baca: Korban Puting Beliung Sidoarjo Mengungsi di Sekolah)

Sejumlah organisasi masyarakat telah terjun untuk membantu penanganan bencana dan menolong korban. GP Anshor Sidoarjosudah menerjunkan puluhan Banser untuk melakukan pendampingan dan membantu warga untuk membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan.




(SUR)