Siklon Tropis Cempaka

Layanan Listrik ke Separuh Warga di Pacitan Dipadamkan

Amaluddin    •    Rabu, 29 Nov 2017 16:55 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjirsiklon tropis cempaka
Layanan Listrik ke Separuh Warga di Pacitan Dipadamkan
Banjir yang terjadi di Kabupaten Pacitan memutus sejumlah akses jalan. Foto: Metrotvnews.com / Amaluddin

Surabaya: Sebanyak 76 dari 123 ribu pelanggan PLN di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, sampai saat ini belum bisa menikmati listrik. Banjir dan longsor terjadi di daerah setempat membuat PLN terpaksa memutus jaringan ke warga.

“Hari ini PLN secara resmi sudah berkirim surat ke Bupati Pacitan. Penanganan akan dilakukan sesegera mungkin dan secara cepat," kata Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, di Surabaya, Rabu, 29 November 2017.

Pemadaman guna mengantisipasi dampak banjir yang terjadi di Pacitan. Sebab, PLN akan memperbaiki saluran yang terputus agar listrik di Pacitan segera kembali normal.

Dari data yang dimiliki PLN, terdapat 8 dari 10 jurusan tegangan menengah 20 KV padam. Selain itu, sebanyak 454 trafo tidak beroperasi (offline).

(Baca: Gus Ipul Minta Masyarakat Sekitar Bengawan Solo Waspada)

Beberapa tiang roboh dan patah akibat terjangan cuaca buruk yang dibawa Siklon Tropis Cempaka. Beberapa panel trafo juga terendam air. Keamanan masyarakat juga menjadi pertimbangan utama.

"Karena khawatir kalau tetap dialiri listrik malah berbahaya karena masyarakat bisa kesetrum listrik," katanya.

Cuaca ekstrem akibat Siklon Tropis Cempaka menyebabkan sejumlah daerah di Jatim, termasuk Pacitan diterjang banjir, longsor dan puting beliung. Peringatan BMKG menyebutkan siklon tropis Cempaka muncul di perairan sekitar 32 km sebelah selatan-tenggara Pacitan.

Untuk di Pacitan, banjir meluas terjadi di 13 desa di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Pacitan (Desa Sirnoboyo, Desa Sukoharjo, Desa Kayen, desa kembang, Desa Ploso, Desa Arjowinangun, Desa Sidoharjo), Kecamatan Kebon Agung (Desa Purworejo, Desa Banjarjo, Desa Kebon Agung), dan Kecamatan Arjosari (Desa Pagutan, Desa Jatimalang, Desa Arjosari).

(Klik: BPBD Jatim Perkirakan Siklon Tropis Cempaka Jauhi Indonesia)
 


(SUR)