Terpidana Kasus Korupsi Jadi Dokter Spesialis di Malaysia

Amaluddin    •    Kamis, 30 Nov 2017 11:01 WIB
korupsi
Terpidana Kasus Korupsi Jadi Dokter Spesialis di Malaysia
Ilustrasi kasus korupsi, medcom.id - M Rizal

Surabaya: Terpidana kasus korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Jawa Timur Bagoes Soetjipto Soelyodikoesomo menjadi dokter spesialis di Malaysia. Padahal, ia menjadi buruan Kejaksaan Tinggi Jatim.

Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jatim Didik Farkhan Alisyahdi mengatakan Bagoes kabur sejak 2010. Bagoes berpindah-pindah tempat selama melarikan diri.

"Dia kabur ke Cepu, lalu ke Semarang," kata Didik di Surabaya, Rabu, 29 November 2017.

Bagoes kemudian kabur ke luar negeri. Bagoes membuat paspor menuju Singapura melalui Batam, Kepulauan Riau.

Setibanya di Singapura, lanjut Didik, Bagoes melamar pekerjaan menggunakan ijazah asli. Ternyata ijazahnya tak diakui. Bagoes lalu berpindah ke Jeddah, Arab Saudi, namun tak bisa bekerja.

"Terakhir, ia berpindah ke Malaysia,” kata Didik.

Selama di Malaysia, Bagoes bekerja sebagai dosen. Ia juga menjadi dokter spesialis penyakit jantung di sebuah rumah sakit.

Bagoes juga membuka praktik dan pasiennya cukup banyak. Namanya tertulis jelas di tempat praktik.

Selama masa pelarian, Bagoes memperpanjang dan izin tinggal di Malaysia dnegan menggunakan namanya. Didik mengatakan hal itu mustahil karena Bagoes masuk dalam daftar pencarian orang lain (DPO).

"Nama yang dipakai asli, tapi menggunakan identitas orang lain. Ini adalah pekerjaan rumah buat KBRI kenapa bisa seperti itu," ujarnya.

Kejagung bersama Polri, kepolisian Diraja Malaysia, dan Interpol membekuk Bagoes di Johor Bahru, Malaysia, pada Minggu, 26 November 2017. Bagoes lalu dibawa pulang ke Indonesia dan tiba di Surabaya pada Rabu malam, 28 November 2017.

Baca: Tujuh Tahun Buron, Pelaku Utama Korupsi P2SEM Jatim Ditangkap

Petugas lalu membawa Bagoes ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Porong, Sidoarjo. Bagies harus menjalani hukuman 21 tahun penjara atas tindak pidana korupsi.


(RRN)