Kejati Jatim bakal Keluarkan Sprindik Baru Kasus P2SEM

Amaluddin    •    Jumat, 22 Dec 2017 17:53 WIB
korupsikasus korupsi
Kejati Jatim bakal Keluarkan Sprindik Baru Kasus P2SEM
Tim Kejati Jatim saat membawa terpidana kasus korupsi Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Provinsi Jawa Timur tahun anggaran 2008, dr Bagoes Soetjipto (kaos merah). (MTVN/Amal).

Surabaya: Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur, memastikan akan mengungkap kasus megakorupsi dana hibah Program Penanganan Sosial Ekonomi Masyarakat (P2SEM) Pemerintah Provinsi Jatim. Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, Maruli Hutagalung bakal mengeluarkan Surat Perintah Penyidikan awal 2018 mendatang.

“Nanti saya akan keluarkan sprindik tahun depan,” kata Maruli, dikonfirmasi, Kamis, 21 Desember 2017.

Ratusan miliar dana hibah P2SEM 2008, diduga jadi bancakan banyak oknum tak bertanggung jawab. Kasus ini mulai diselidiki pada 2009. Alhasil, puluhan penerima sudah dihukum, termasuk mantan Ketua DPRD Jatim almarhum Fathorrasjid.

Baca: Pelaku Utama Korupsi P2SEM Jatim Dijebloskan ke Lapas Porong

Pada November 2017, Kejati Jatim juga berhasil menangkap terpidana Bagoes Soetjipto di Malaysia. Bagoes merupakan saksi kunci yang sempat buron sejak ditetapkan sebagai tersangka pada tahun 2010. 

Kata Maruli, pihaknya akan memulai penyidikan kasus P2SEM itu pada Januari 2018 nanti. Penyidikan diawali dengan meminta keterangan Bagoes yang sudah mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Surabaya di Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

"Jadi kuncinya sekarang ada di Pak Bagoes, seperti Nazaruddin (saksi kunci berbagai kasus korupsi kakap ditangani KPK)," kata Maruli.


(ALB)