BPBD Jombang Setop Kirim Air Bersih

Nurul Hidayat    •    Kamis, 02 Nov 2017 14:32 WIB
kemarau dan kekeringan
BPBD Jombang Setop Kirim Air Bersih
Pengiriman air bersih yang dilakukan BPBD Jombang beberapa waktu lalu

Metrotvnews.com, Jombang: Badan Penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Jombang menghentikan kiriman air bersih kepada daerah terdampak kekeringan. Hal itu dikarenakan hujan sudah mulai turun di sejumlah tempat di Kabupaten Jombang.

“Sudah semenjak sepekan terakir tidak ada permintaan pengiriman air bersis dari warga yang selama ini terdampak kekeringan, karena berdasarkan laporan daerah tersebut sudah ada air,” ujar Kasi kesiap-siagaan BPBD Kabupaten Jombang, Gunadi kepada Metrotvnews.com, Kamis 2 November 2017.

Walaupun sudah tidak ada permintaan pengiriman air, Gunadi mengatakan pihaknya masih siap untuk mendistribusi air bersih jika sewaktu-waktu diminta.

“Hujan masih belum merata di kabupaten Jombang, untuk itu kami masih menyiagakan personel jika memang setiap saat diminta untuk melakukan distribusi air bersih,” imbuhnya.

Sebelumnya, ada lima kecamatan di Jombang, Jawa Timur, masuk zona merah kekeringan. Kecamatan yang dimaksud, yaitu Plandaan, Ngusikan, Bareng, Kabuh, dan Wonosalam.

Kekeringan paling parah terjadi di Kecamatan Plandaan dan Ngusikan. Warga di dua kecamatan itu harus berjalan hingga dua kilometer demi mendapatkan air bersih. “Saat ini semua daerah sudah tidak ada lagi yang berada di dalam status daerah kekeringan,” ujarnya.


(ALB)