Makna Kemerdekaan Ala Risma

Amaluddin    •    Jumat, 17 Aug 2018 18:20 WIB
hut riHUT ke-73 RI
Makna Kemerdekaan Ala Risma
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menjadi inspektur upacara memperingati HUT ke-73 RI. Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan arti kemerdekaan baginya. Kemerdekaan tercapai saat semua hak dasar rakyat terpenuhi.

"Karena itu saya mengejar terus dalam mengurangi penduduk miskin di Surabaya. Karena merdeka itu bagaimana orang untuk makan, sekolah, dan kerja tidak sulit, itulah merdeka, karena itu semua hak dasar manusia," kata Risma, dalam sambutannya, pada upacara HUT ke-73 RI, di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat, 17 Agustus 2018.

Indonesia telah merdeka secara yuridis. Namun, menurutnya, secara de facto Indonesia masih belum meredeka.

"Karena itu kami terus berusaha kemerdekaan bisa dirasakan sampai masyarakat paling bawah," katanya.

Risma terus mendorong pemerintah kota Surabaya menekan angka kemiskinan selama dua periode memimpin Surabaya. Apalagi, angka kemiskinan di wilayahnya masih 34 persen pada 2010.

"Tapi sekarang tinggal delapan persen. Makanya kami terus berupaya. Sisa delapan persen ini susah menyelesaikannya karena sisanya lansia dan difabel," katanya.

Risma mengaku ingin Indonesia sejajar dengan bangsa lain. Caranya, dengan bekerja keras penuh integritas untuk memerangi kebodohan dan kemiskinan, sehingga bisa menghasilkan karya nyata.

"Semangat tidak kenal lelah, dan menyerah," katanya.

Risma juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder atas kemajuan di berbagai bidang salah satunya ekonomi dan bisnis di Kota Surabaya yang bergerak masif. Utamanya, kata Risma, dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat tercermin dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang telah mencapai 81,07.

Risma juga menyerahkan penghargaan Satya Lancana Karya Satya kepada pegawai negeri sipil atas darma bakti yang telah bekerja penuh kesetiaan dan disiplin selama 30 tahun.

Penghargaan tersebut secara simbolis diberikan kepada Bambang Sutejo Kepala Sekolah SMPN 55 Surabaya. Satya Lancana Karya Satya 20 tahun diberikan kepada Rini Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surabaya. Sedangkan Lancana Karya Satya10 tahun diberikan kepada Ganjar Siswo Pramono selaku Kepala Bidang Jalan dan Jembatan PU Bina Marga.

Selain memberikan penghargaan Satya Lancana Karya Satya, Risma juga memberikan penghargaan kepada Supriadi (pemain Timnas Indonesia U-16) yang berhasil menghantarkan Indonesia juara dalam turnamen Piala AFF di Sidoarjo beberapa waktu lalu.
 


(SUR)