Polisi-Lapas di Malang Tingkatkan Pengamanan

Daviq Umar Al Faruq    •    Jumat, 11 May 2018 09:22 WIB
kerusuhan penjara
Polisi-Lapas di Malang Tingkatkan Pengamanan
Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Malang: Peristiwa kerusuhan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, Selasa, 8 Mei 2018 meningkatkan kewaspadaan aparat kepolisian di Kota Malang, Jawa Timur. Polisi dan lembaga pemasyarakatan (lapas) di Kota Apel meningkatkan keamanan di rumah tahanan dan lapas.

"Penjagaan akan dilakukan di Mako Polres Malang Kota, Polsek dan pos-pos di wilayah Kota Malang. Peningkatan penjagaan sudah kami lakukan sejak Rabu lalu sesuai perintah Kapolri," kata Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri, Kamis, 10 Mei 2018.

Asfuri menambahkan pihaknya pun juga bakal berkoordinasi dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Malang soal peningkatan pengamanan ini. Pasalnya di lapas tersebut terdapat beberapa narapidana teroris.

"Upaya ini kami lakukan bersama-sama untuk menjaga kondusivitas di Kota Malang," lanjutnya.

Baca: Presiden Instruksikan Polri Tindak Tegas Napiter

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menginstruksikan seluruh jajaran polisi di Jawa Timur untuk bersiaga. Machfud menganggap kasus yang terjadi di Mako Brimob menjadi perhatian serius dalam meningkatkan pengamanan dan kewaspadaan. Sebab, ada lima anggota Polri gugur dalam insiden tersebut.

Meski begitu dirinya memastikan bahwa situasi dan kondisi Jawa Timu relatif aman dan kondusif hingga saat ini. Namun pihaknya tetap akan memperketat pengamanan, demi keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Baca: Polri Segera Cari Rutan Khusus Teroris


(SUR)