Fahri Hamzah Puji Kinerja Pemkab Banyuwangi

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 03 Apr 2018 17:20 WIB
berita dpr
Fahri Hamzah Puji Kinerja Pemkab Banyuwangi
Fahri Hamzah meninjau Mall Pelayanan Terpadu di Banyuwangi, Jawa Timur (Foto:Dok.DPR)

Banyuwangi: Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah terkesima dengan pelayanan publik dan berbagai program yang dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi. Konsep yang disusun dinilai prorakyat dan mengembangkan potensi daerah.

Hal itu disampaikan Fahri, usai meninjau Mall Pelayanan Terpadu di Banyuwangi, Jawa Timur. Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat ini didamping Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta jajaran.

"Saya semakin optimistis Indonesia tidak memiliki masalah ke depan, karena saya melihat daerah seperti ini (Banyuwangi), jadi optimistis," kata Fahri, dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 April 2018.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, Pemkab Banyuwangi fokus terhadap sektor pariwisata, perekonomian, dan pengentasan kemiskinan.

Khusus untuk pengentasan kemiskinan, legislator asal daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat (NTB) itu dinilai berhasil. Program tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banyuwangi.

"Menurut saya, paling penting adalah bagaimana masyarakat sejahtera, seperti di Banyuwangi ini. Kita lihat masyarakat sejahtera," kata politisi PKS itu.

Fahri mengapresiasi Mall Pelayanan Terpadu di Banyuwangi. Pusat pelayanan berbasis komputer tersebut menurutnya memiliki sistem keamanan tinggi dan meminimalkan praktik korupsi. "Makanya, kalau ada yang mendramatisir bahwa korupsi merajalela, bohong itu. Orang cuma ngada-ngadain kerjaan supaya bisa mengambil atau makan APBN," kata Fahri. 

Lebih lanjut, Fahri berharap seluruh daerah meniru Kabupaten Banyuwangi. Bahkan bila perlu, tren pelayanan terpadu berbasis komputeriasai dapat diterapkan hingga ke desa-desa.

"Kalau di Amerika Serikat, mengantrinya bukan lagi di kabupaten, tetapi sudah di desa, sehingga berjalan deotonomisasi. Kabupaten berpikirnya yang lebih strategis lagi. Inilah cara kita membangun kesadaran bernegara," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyambut kedatangan Fahri dengan antusias. Dia berharap, kedua belah pihak bisa saling berbagi inspirasi dalam memajukan Indonesia.

"Beliau adalah Wakil Ketua DPR RI. Ingin melihat langsung kondisi Banyuwangi saat ini. Tentunya ini bisa menjadi spirit kami dalam melakukan pembangunan di Banyuwangi," kata Azwar.


(ROS)