Tim Gabungan Evakuasi 1 Bangkai Truk Tersisa

Amaluddin    •    Jumat, 20 Apr 2018 17:38 WIB
jembatan rubuh
Tim Gabungan Evakuasi 1 Bangkai Truk Tersisa
Sebuah truk terguling saat jembatan penghubung Tuban-Lamongan ambruk, Selasa, 17 April 2018, dok: istimewa

Surabaya: Sejumlah rangkaian truk ketiga akibat ambruknya Jembatan Widang, Kabupaten Tuban, berhasil dievakuasi. Evakuasi ini dilakukan setelah petugas memotong truk tersebut menjadi tiga bagian.

"Truk ketiga (terakhir) baru dievakuasi hanya emban (wadah pasir) truknya saja, tetapi kepala dan mesin truknya masih belum dievakuasi," kata Kapolsek Widang, Tuban, AKP Totok Wijanarko, dikonfirmasi, Jumat, 20 April 2018.

Sebelum dievakuasi, kata Totok, badan truk ketiga tersebut dipotong menjadi tiga bagian, yakni Kepala truk (bagian depan), dan emban truk (wadah pasir) dipotong menjadi dua bagian.

(Baca) Pakar: Jembatan Widang Ambruk karena Kelebihan Beban

Setelah itu potongan truk diangkat menggunakan crane berkekuatan 25 ton. Selanjutnya bangkai truk dibawa ke gudang Semen Gresik Tuban untuk penyelidikan. 

"Jadi sampai saat ini yang tersisa tinggal kepala dan mesin truk. Saat ini proses evakuasi masih berlangsung," ujarnya.

Selesai semua proses evakuasi selesai, lanjut dia, selanjutnya tim akan fokus untuk membangun jembatan darurat. "Ini demi kelancaran arus lalu lintas dan menghadapi arus mudik lebaran," katanya.

Baca: Dua Truk di Jembatan Widang Dievakuasi

Jembatan Widang adalah jembatan yang melintas di atas sungai Bengan Solo, penghubung Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, dengan Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, ambruk sekitar pukul 10.45 WIB, pada Selasa, 17 April 2018.

Saat kejadian, ada 1 dum truk muat limbah smelter, 2 truk muat pasir, dan 1 unit kendaraan roda sedang melintas di jembatan kembar tersebut. Akibatnya, satu orang tewas setelah terjebak di dalam truk yang ikut terjun ke Sungan Bengawan Solo.

Jembatan itu merupakan akses utama penghubung Kabupaten Tuban dan Lamongan. Saat ini, para pengguna jalan harus memutar melalui jalur Brondong Pantura jika ingin ke Tuban atau sebaliknya ke Lamongan.


(ALB)