BPBD Akui Anggaran Bencana bukan hanya untuk Makan Minum Korban

Syaikhul Hadi    •    Selasa, 22 Nov 2016 19:47 WIB
bencana
BPBD Akui Anggaran Bencana bukan hanya untuk Makan Minum Korban
Banjir di Sidoarjo, MTVN - Hadi

Metrotvnews.com, Sidoarjo: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo, Jawa Timur, mendapat jatah sekitar Rp21 miliar dari APBN dan APBD 2016. BPBD menggunakan lebih 50 persen anggaran untuk penanganan bencana. 

Kepala BPBD Sidoarjo, Dwijo Prawito, enggan menyebutkan besaran anggaran yang sudah digunakan. Ia juga tak menyebutkan soal sisa anggaran saat ini, 

Tapi, jelasnya, BPBD menggunakan anggaran itu untuk penanggulangan bencana. Sebab di Sidoarjo, beberapa bencana berulang kali terjadi misal kebakaran, angin puting beliung dan banjir.

"Sebenarnya, anggaran itu masih minim. Sebab BPBD tak sekadar membagikan makanan dan minuman pada korban bencana," kata Dwijo di Sidoarjo, Selasa (22/11/2016).

Dwijo menjelaskan anggaran sebanyak Rp15,2 miliar digunakan untuk penanggulangan bencana. Misalnya pembangunan pintu air (Dam), pembelian mobil pemadam kebakaran, pos pemadam kebakaran, keperluan logistik maupun keperluan perlengkapan.

"Tapi, selama ini yang lebih dominan adalah bencana kebakaran," ungkapnya. 

Selain itu, BPBD juga melakukan tindakan pencegahan. Misalnya memberikan informasi dan sosialisasi mengenai penanganan bencana. Sehingga warga dapat mandiri menyiapkan diri menghadapi bencana.

"Kalau kena banjir misalkan, mereka tahu apa yang harus dilakukan. Bagaimana menyelamatkan dirinya sendiri maupun menyelamatkan dokumen penting yang ada di dalam rumahnya," tegas Dwijo.


(RRN)