KPU Malang Ajukan Rp50 Miliar untuk Pilgub Jatim 2018

Aditya Mahatva Yodha    •    Rabu, 25 Oct 2017 14:06 WIB
pilkada serentakpilgub jatim 2018
KPU Malang Ajukan Rp50 Miliar untuk Pilgub Jatim 2018
Ketua KPU Kabupaten Malang, Santoko. Foto: MTVN/Aditya Mahatva Yodha

Metrotvnews.com, Malang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang mengajukan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk kebutuhan Pilgub Jatim 2018. Anggaran ini naik Rp10 miliar jika dibandingkan Pilkada Malang 2015.

Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko memaparkan, kenaikan biaya penyelenggaraan Pilkada serentak Gubernur Jatim disesuaikan dengan kondisi lapangan wilayah Kabupaten Malang yang cukup luas. Ditambah kenaikan honorarium tenaga penyelenggara Pilgub Jatim.

KPU Malang memperkirakan 50 persen anggaran penyelenggaraan Pilgub Jatim habis untuk menggaji petugas pelaksana Pilgub yang terdiri dari  PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara). KPU Malang akan menerjuka 27 ribu orang di seluruh Kabupaten Malang.

PPK akan diberi honor Rp 1,8 juta per bulan, sedangkan PPS sebesar Rp700 ribu. Dan itu belum petugas penyelenggara Pemilu di setiap TPS yang totalnya mencapai ribuan petugas. Puluhan ribu petugas penyelenggara pemilihan akan disebar di 33 Kecamatan serta 390 desa dan kelurahan.

KPU Malang memastikan akan menggunakan anggaran dengan efektif dan efesien tanpa harus mengurangi kualitas penyelenggaraan Pilkada.

"Itu yang terpenting bagi kami sebagai penyelenggara Pemilu di Kabupaten Malang, Pilgub nanti sukses" pungkas Santoko saat dihubungi Metrotvnews.com, Rabu 25 Oktober 2017.


(SUR)