Akbar Tanjung: Airlangga Berpeluang Jadi Cawapres Jokowi

Daviq Umar Al Faruq    •    Rabu, 11 Apr 2018 10:46 WIB
pilpres 2019
Akbar Tanjung: Airlangga Berpeluang Jadi Cawapres Jokowi
Wakil Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung

Malang: Wakil Dewan Kehormatan Partai Golkar, Akbar Tanjung menilai Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memiliki peluang untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Jokowi.

"Melihat posisi formalnya, Airlangga sebagai ketua umum Golkar punya peluang untuk jadi cawapres. Tapi tergantung presidennya. Sebab cawapres Jokowi harus bisa memberikan kontribusi bagi kenaikan elektabilitas bagi calon presiden," katanya saat ditemui di Simposium Nasional HMI, Malang, Selasa 10 April 2018.

Akbar mengungkapkan syarat tersebut sangat menentukan untuk penetapan cawapres dari Jokowi. Menurut hasil popularitas yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI), salah satu tokoh yang berpeluang maju sebagai cawapres adalah Airlangga Hartarto.

Nama Airlangga muncul dalam kategori calon dengan latar belakang partai politik pada survei LSI dengan suara sebesar 25 persen.

"Faktor itu yang menjadi tolak ukur dan pertimbangan siapa yang akan diajak Jokowi untuk jadi cawapres," ucapnya.

Meski begitu, mantan Ketua DPR RI ini mengaku masih belum ada pembicaraan resmi terkait siapa yang akan diperjuangkan untuk menjadi cawapres di internal Partai Golkar.

"Jadi kita terlalu dini. Kita masih harus mempersiapkan bagaimana mendapatkan dukungan suara yang signifikan dalam kaitannya pemilu legislatif," terangnya.

Setelah menyelesaikan itu, Akbar mengaku Golkar bakal mencari waktu khusus untuk membicarakan tahapan berikutnya, yakni mencari cawapres.


(ALB)