NasDem Kota Malang Gelar Festival Jaran Kepang

Daviq Umar Al Faruq    •    Minggu, 01 Apr 2018 19:00 WIB
nasdem
NasDem Kota Malang Gelar Festival Jaran Kepang
Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Malang menggelar Festival Jaran Kepang di Lapangan Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Minggu 1 April 2018. (Medcom.id/DAVIQ UMAR AL FARUQ)

Malang: Memperingari hari ulang tahun (HUT) Kota Malang ke 104, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kota Malang menggelar Festival Jaran Kepang di Lapangan Kelurahan Rampal Celaket, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu 1 April 2018.

Masyarakat tampak meramaikan acara tersebut. Terdapat 24 sanggar yang mengikuti festival ini untuk memperebutkan trofi Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) NasDem Jawa Timur.

Ketua DPW NasDem Jawa Timur, Rendra Kresna, menjelaskan kebudayaan jaranan dulunya adalah media dakwah yang diciptakan para wali untuk menyebarkan agama Islam.

"Jaranan itu sebenarnya untuk syiar agama Islam. Bukan mistik. Jadi ada misi yang diemban, bukan sekedar tari tarian saja," kata pria yang juga menjabat sebagai Bupati Malang ini.

Rendra menyebut, asal usul jaranan tak diketahui banyak orang. Oleh karena itu, dia berharap DPD NasDem Kota Malang ikut serta dalam mengembangkan tradisi jaranan.

"Lebih bagus lagi apabila DPD NasDem mengadakan seminar untuk membedah kesenian jaranan ini," bebernya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh NasDem. Mulai dari Ketua DPD NasDem Kota Malang Hanan Jalil, Calon Wakil Wali Kota Malang Ahmad Wanedi, Dewan Penasehat Partai NasDem Jawa Timur Geng Wahyudi, Wakil Ketua Umum GP NasDem Mandira Isman dan sejumlah pejabat lainnya.


(LDS)