Api di Pom Mini Hanguskan Rumah dan Toko

Rahmatullah    •    Selasa, 29 May 2018 11:46 WIB
kebakaran rumahkebakaran toko
Api di Pom Mini Hanguskan Rumah dan Toko
Pemadan kebakaran Sumenep saat berusaha memadamkan api – Medcom.id / Rahmatullah

Sumenep: Kebakaran terjadi di Desa Bataal Barat, Kecamatan Ganding, Sumenep, Jawa Timur, Selasa pagi, 29 Mei 2018. Dua toko, pom mini dan rumah hangus terbakar. Api diketahui mulai memercik pukul 07.30 WIB, dan baru bisa dipadamkan sekira pukul 09.15 WIB. Dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu tangki dikerahkan untuk memadamkan api.

“SOP di kami memang harus menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran dan satu tangki untuk kebakaran besar,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd Rahman Riadi di lokasi.

Rahman menuturkan, petugas memerlukan waktu hampir 45 menit untuk menjinakkan api. Setelah itu, petugas fokus terhadap pendinginan material.

Sementara Camat Ganding, Ach Laili Maulidy, mengaku tidak bisa menjelaskan penyebab dan kronologi kejadian tersebut. Dia mengatakan polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara. Dia baru mendapatkan laporan kebakaran pada pukul 07.45 WIB.

“Rumah yang terbakar merupakan milik dari pemilik dispenser (pom mini) itu,” ujar Laili.

Informasi di lapangan menyebutkan, kebakaran berawal dari percikan api di pom mini. Api langsung membesar dan merembet ke dua toko di sebelahnya. Setelah itu, kobaran api terus menjalar ke rumah di belakang pom mini. Bahan-bahan di dalam toko ludes, termasuk atap juga menjadi arang. Sementara atap rumah ambruk akibat dilahap api.


(LDS)