Seleksi Tim Pemandu Haji Sidoarjo Disoal

Syaikhul Hadi    •    Kamis, 24 May 2018 23:15 WIB
Haji 2018
Seleksi Tim Pemandu Haji Sidoarjo Disoal
Medcom.id/Syaikhul Hadi

Sidoarjo: Proses seleksi Petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Kabupaten Sidoarjo disoal. Proses rekruitmen yang dilaksanakan Bagian Kesra Pemkab Sidoarjo yang menggunakan dana APBD Sidoarjo 2018 dinilai cacat hukum.

Salah satu calon seleksi petugas TPHD Sidoarjo, S Makin Rahmat mengungkapkan bila proses tersebut dinilai cacat prosedur. Sehingga, lanjut dia, penetapan TPHD Sidoarjo tahun 2018 yang sudah diusulkan Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah dan sudah ditetapkan oleh Gubernur Jatim Soekarwo harus dibatalkan.

"Kami sudah meminta kepada Bupati Sidoarjo dan Gubernur Jawa Timur agar somasi yang kami layangkan melalui tim penasehat hukum kami segera di jawab," kata dia di Sidoarjo, Kamis, 24 Mei 2018.

Dugaan cacat prosedur itu diketahui lantaran ada nama tak sesuai yang menjadi petugas TPHD Sidoarjo dan sudah masuk SK Gubernur Jawa.

Salah satu syarat menjadi petugas TPHD yakni harus sudah melakukan ibadah haji yang dibuktikan surat rekomendasi dari Kemenag Sidoarjo. Namun, ungkap dia, ada nama petugas yang lolos sudah ter-SK Gubernur itu belum sama sekali beribadah haji. Sedangkan yang memenuhi syarat justri tidak lolos

"Ini yang saya pertanyakan. Itu ada 3 petugas TPHD yang saya ketahui, dua orang yang saya kenal, bahkan salah satunya mendatangi saya," terangnya.

Ketiga orang itu memiliki rekomendasi dari Kemenang Sidoarjo.

Sementara, Tim Kuasa Hukum Agus Soesanto menambahkan, pihaknya menunggu somasi yang dilayangkan itu direspons hingga Senin, 28 Mei 2018.

"Kami menunggu sampai Senin depan agar surat kami segera dijawab," ucap dia.

Agus akan melakukan langkah hukum bila somasi yang dilayangkan itu tidak segera ditindak lanjuti.


(SUR)