Kepulauan Sumenep Diprediksi Hujan Lebih Awal

Rahmatullah    •    Jumat, 29 Sep 2017 13:47 WIB
cuaca
Kepulauan Sumenep Diprediksi Hujan Lebih Awal
Ilustrasi hujan, Ant

Metrotvnews.com, Sumenep: BMKG Kalianget Sumenep, Jawa Timur, memprediksi wilayah kepulauan akan diguyur hujan lebih awal dibandingkan daratan. Kemungkinan kepulauan mulai hujan pada pertengahan bulan November mendatang.

“Sumenep diprediksi turun hujan pada akhir November. Tapi khusus kepulauan diperkirakan hujan pertengahan November ini,” ujar Pengamat Meteorologi BMKG Kalianget Sumenep, Agus Arif Rahman, Jumat 29 September 2017.

Arif menuturkan Sumenep sempat diguyur hujan beberapa hari lalu. Tapi dia memastikan itu bukan pertanda masuk musim hujan, melainkan fenomena alam yang biasa terjadi di musim kemarau. Hujan di musim kemarau itu disebut sebagai hujan lokal atau lewat saja.  

Selain itu, kecepatan angin di perairan disebut masih normal. Maksimal ketinggian ombak hanya 2 meter, sehingga masih aman bagi aktivitas pelayaran dan nelayan. Tapi jika terjadi perubahan cuaca, Arif mengaku akan segera menginformasikan kepada masyarakat.

Selebihnya, dalam beberapa hari terakhir langit di Sumenep mendung. Dia menyebut hal itu bukan dampak aktivitas Gunung Agung di Bali. Meski aktivitas gunung tersebut bukan wilayah kewenangan BMKG Kalianget, tapi Arif mengaku terus memberikan informasi berkaitan dengan perkembangan aktivitas Gunung Agung melalui akun facebook ‘BMKG Kalianget’. Informasi dari Pusat Vulkanologi langsung diteruskan untuk diakses masyarakat selama 1 kali dalam 6 jam.

Arif berharap Gunung Agung tidak meletus. Tapi jikapun meletus, dia memprediksi abu vulakanisnya tidak akan menghujani Madura. Ia berpedoman pada arah angin yang berembus dari barat ke timur. Madura berlokasi di arah barat laut Pulau Bali yang berajarak kurang lebih 500 kilometer, sehingga Madura diprediksi tidak akan terpapar abu vulkanis.

“Tapi jika letusannya kencang dan angin berembus dari tenggara, ada peluang (abu vulkanis Gunug Agung sampai Madura),” tutupnya.



(RRN)