Risma dan Anas Berpeluang Besar Diusung PDIP di Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Sabtu, 19 Aug 2017 16:29 WIB
pilgub jatim 2018
Risma dan Anas Berpeluang Besar Diusung PDIP di Pilgub Jatim
Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Tidak hanya nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, nama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas juga santer jelang Pilgub Jatim 2018. Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi menyebut keduanya berpeluang untuk diusung di Pilgub Jatim.

"Sebenarnya bukan hanya dua nama itu (Risma-Anas, red.), semuanya berpeluang," kata Kusnadi, di kantor DPD PDIP, Jalan Kendangsari Industri, Surabaya, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Kusnadi mengaku tidak mau berandai-andai siapa kandidat yang bakal diusung dan didukung partainya. Sebab, kata dia, kapasitas DPD PDIP Jatim hanya meneruskan ke DPP PDIP. "Kita serahkan ke DPP saja, karena yang memutuskan adalah DPP," ujarnya.

DPD PDIP Jawa Timur telah menutup pendaftaran bakal calon gubernur (bacagub) dan bacawagub pada Rabu, 14 Juni 2017. Partai berlambang moncong putih itu memungut Rp100 juta bagi pendaftar, untuk biaya survei.

Ada enam tokoh yang telah mendaftarkan diri maju cagub/cawagub dari PDIP pada Pilgub Jatim 2018 mendatang. Dari jumlah itu, hanya satu tokoh yang maju sebagai cagub Jatim, yakni Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. Sedangkan lima tokoh sisanya maju sebagai cawagub Jatim. 

Mereka adalah Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, Bupati Ngawi Budi (Kanang) Sulistyo, anggota komisi E DPRD Jatim Suhandoyo, Anggota DPR RI Said Abdullah dan terakhir Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

"Meski pendafataran di DPD PDIP Jatim sudah ditutup, masih bisa mendaftar lewat DPP. Sepanjang rekom dari pusat belum turun, semua orang memiliki peluang maju lewat DPP," kata Kusnadi diplomatis.



(ALB)