Pegawai Honorer Dishub Dibekuk Saber Pungli Sumenep

Rahmatullah    •    Jumat, 19 May 2017 19:18 WIB
pungutan liar
Pegawai Honorer Dishub Dibekuk Saber Pungli Sumenep
Ilustrasi pungutan liar, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Sumenep: Empat pelaku dugaan pungutan liar (pungli) di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tim sapu bersih (saber) pungli, Jumat 19 Mei 2017. Mereka dibekuk saat berada di loket pembelian karcis. Barang bukti penangkapan yaitu uang tunai Rp972 ribu.

Masing-masing adalah KS dan S. Keduanya diketahui sebagai petugas PT Dharma Dwipa Utama selaku penyedia armada kapal. Lalu FR dan GMS yang merupakan pegawai honorer Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.
 
Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwardi, menuturkan awalnya tim mendapatkan laporan soal dugaan pungli itu. Tim lalu melakukan penyelidikan, selanjutnya melakukan OTT terhadap 4 petugas tersebut.
 
“Keempatnya saat ini dalam pemeriksaan intensif,” terang Suwardi kepada awak media.
 
Setelah diperiksa, Suwardi memastikan akan melakukan gelar perkara. Hal itu dalam rangka menentukan statusnya sebagai tersangka atau saksi. Dia tidak bisa memastikan sampai kapan pemeriksaan itu berakhir.
 
Keempat terduga pelaku pungli itu, kata Suwardi, diamankan di pelabuhan yang melayani rute Kalianget-Sapudi, Kalianget-Ra’as, dan Kalianget-Jangkar. Hingga kini, belum ada warga yang dimintai terkait dugaan pungli itu.
 
Suwardi menyebut OTT itu merupakan pertama kali. Dugaan pungli itu dianggap meresahkan masyarakat, sehingga dilakukan operasi.
 
“Kami harap masyarakat tidak segan melaporkan dugaan pungli di pelabuhan, juga di tempat lainnya. Hal itu sangat membantu tugas kami,” harapnya.
(RRN)