Sopir Bus di Terminal Keplaksari Jombang Bersih dari Narkoba

Nurul Hidayat    •    Selasa, 13 Jun 2017 15:22 WIB
mudik lebaran 2017
Sopir Bus di Terminal Keplaksari Jombang Bersih dari Narkoba
Sopir menjalani tes urine di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Polres dan Dinas Perhubungan Jombang, Jawa Timur, mengecek kesiapan Terminal Bus Keplaksari Peterongan menyambut pemudik. Sopir bus di terminal itu pun harus menjalani tes urine untuk menjamin keselamatan penumpang.

Selasa pagi 13 Juni 2017, sopir dan kernet bus menjalani tes urine di Terminal Keplaksari, Jombang. Tes bertujuan mengidentifikasi sopir dan kernet terkait dengan penggunaan narkoba.

“Tes yang kami lakukan adalah untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik agar terhindar dari sopir atau kernet bus yang menggunakan narkoba sehinggan membahayakan keselamatan para penumpangnya," kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Jombang, Iptu Radyati Putri Pradini di Terminal Keplaksari.

Selama pemeriksaan satu jam, hasil tes urine menyebutkan semua sopir dan kernet di Terminal Bus Keplaksari bersih dari narkoba. Sehingga mereka layak mengemudikan bus dan mengangkut penumpang.

Uji Kelayakan Armada 


(Petugas melakukan uji kelayakan pada bus mudik di Jombang, MTVN - Nurul Hidayat)


Petugas gabungan juga melakukan uji kelayakan kendaraan di Terminal Keplaksari. Petugas mengecek kondisi bus beserta dokumen.

“Pemeriksaan surat meliputi, Buku Uji Kir, SIM, STNK sedangkan untuk fisik kemdaraan meliputi, lampu, Ban, sein viper dan klakson,” ungkap Iptu Radyati

Dalam pemeriksaan tersebut, Putri mengatakan, pihaknya menemukan beberapa temuan yakni kaca depan bus yang pecah, serta ban yang sudah dimodifikasi.

”Masih kita peringatkan untuk dilakukan perbaikan, dan jika masih ditemui maka akan kita berikatan tindakan tegas," pungkasnya.


(RRN)