Polda Jatim Didesak Tahan Ahmad Dhani

Amaluddin    •    Selasa, 23 Oct 2018 11:42 WIB
ujaran kebencian
Polda Jatim Didesak Tahan Ahmad Dhani
Aksi massa mendesak Polda Jatim tahan Ahmad Dhani di Surabaya, Selasa 23 Oktober 2018. Foto: Medcom.id /Amaluddin

Surabaya: Puluhan orang yang bergabung dalam Komunitas Masyarakat Peduli (KMP) Jawa Timur mendesak Polda menahan musisi Ahmad Dhani. Desakan itu terkait dengan status Dhani yang menjadi tersangka dalam kasus ujaran kebencian.

Aksi berlangsung di depan Markas Polda Jatim di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa, 23 Oktober 2018. Aksi bertepatan dengan jadwal pemeriksaan perdana Dhani di Polda Jatim.

"Kami meminta Polda Jatim segera menahan Ahmad Dhani, karena itu sudah seharusnya orang yang menjadi tersangka ditahan," kata Asmui Karim, koordinator aksi.

Asmui berharap penahanan terhadap Ahmad Dhani menjadi pembelajaran dan efek jera bagi masyarakat. Sehingga, kasus serupa tidak terulang kembali. 

"Ujaran kebencian tak pantas dilontarkan, apalagi oleh public figure seperti Ahmad Dhani," lanjut Asmui.

Baca: Pencegahan Ahmad Dhani Kepentingan Penyidikan

Asmui mendukung penuh Polda Jatim yang telah menetapkan Ahmad Dhani sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian. Ia berjanji akan mengawal proses hukum terhadap pentolan Dewa 19 ini. "Agar tidak dipolitisasi," ujar dia.

Massa memajang berbagai poster berisi gambar Ahmad Dhani dan beberapa tulisan dukungan kepada Polda Jatim agar mengusut tuntas kasus tersebut. Antara lain adalah ADP Buronan Arek Suroboyo; Dukung Polda Jatim Segera Tangkap dan Tahan Ahmad Dhani; Ahmad Dhani, Jangan Kotori Surabaya Dengan Kelakuanmu; dan Ahmad Dhani Nyalimu Ciut.

Polda Jatim menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ahmad Dhani sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian, Selasa, 23 Oktober 2018. Namun, hingga saat ini, belum ada tanda-tanda pentolan Dewa 19 asal Surabaya itu memenuhi panggilan penyidik Polda Jatim.


(RRN)