Lima Pemeras Berkedok 'KPK' Resmi Tersangka

Rahmatullah    •    Rabu, 07 Nov 2018 17:44 WIB
penipuan
Lima Pemeras Berkedok 'KPK' Resmi Tersangka
Barang bukti dugaan pemerasan di Mapolres Sumenep. Medcom.id/Rahmatullah

Sumenep: Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, menetapkan 5 orang dari 6 terduga pemerasan di wilayah hukum Sumenep. Satu terduga masih dalam penyelidikan karena berperan sebagai sopir.

Gerombolan dari Lembaga Pengawas Kebijakan Pemerintah dan Keadilan (LP-KPK) itu diciduk di Jalan Raya Lingkar Barat Kecamatan Kota pada Selasa, 6 November 2018. Sejumlah barang bukti disita petugas untuk kepentingan penyidikan, yaitu mobil warna putih, satu sepeda motor warna hitam, sejumlah telepon genggam dan uang tunai Rp4,7 juta.

Kepala Urusan Pembinaan dan Operasional Reserse Kriminal Polres Sumenep IPTU Taufik Hidayat, mengungkapkan penangkapan tersebut berawal dari laporan warga. Lima tersangka dan satu sopir mendatangi salah satu kepala desa di Kecamatan Rubaru.

Mereka menakut-nakuti akan melaporkan kades bersangkutan ke Kejari Sumenep jika tidak memberikan uang sebesar Rp10 juta. “Ada proyek yang tidak sesuai RAB, sehingga ditakut-takuti akan dilaporkan ke Kejaksaan dengan meminta uang 10 juta, tapi baru diberikan sejumlah Rp5 juta,” ujar Taufik, Rabu, 7 Novemper 2018.

Baca: Enam Terduga Pemeras Berkedok 'KPK' Dicokok

Taufik mengaku masih melakukan pendalaman terkait sudah berapa kali terduga melancarkan aksinya. Namun dia menegaskan tiga tersangka bakal dijerat Pasal 368 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Tindak Pidana Pemerasan, sedangkan dua tersangka lain dijerat Pasal 55 KUHP tentang perbuatan bersama-sama untuk melawan hukum.

Selebihnya, Taufik menjelaskan mobil yang dipakai terduga pemerasan merupakan rental. Sementara tulisan ‘LP-KPK Komcab Sumenep Jatim’ di bagian mobil tersebut bukan permanen.


(SUR)