Kirab Pemuda Nusantara, Cara Kekinian Bangkitkan Semangat Kebersamaan

Rendy Renuki H    •    Kamis, 07 Dec 2017 19:03 WIB
nkri
Kirab Pemuda Nusantara, Cara Kekinian Bangkitkan Semangat Kebersamaan
(Kiri ke kanan) Menteri PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrowi, dan Menteri LHK Siti Nurbaya di acara penutupan Kirab Pemuda Nusantara di Blitar, Kamis, 7 Desember 2017, Medcom.id - Rendy Renuki

Blitar: Tiga menteri Kabinet Kerja menutup program Kirab Pemuda Nusantara (KPN) 2017 di Lapangan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi pun mengapresiasi 73 pemuda yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Selain Imam, dua menteri hadir di acara penutupan, Kamis, 7 Desember 2017. Yaitu Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

"27 tahun lalu bangsa ini pernah mendengar dan mengenal program Kirab Remaja Nasional yang ditujukan bagi remaja nusantara agar mengenal perbedaan wilayah, suku, ras, dan agama demi memperkuat rasa kebhinekaan. Kini model baru spirit kebangsaan itu hadir dan lahir dalam versi yang lebih kekinian," kata Menpora dalam kegiatan tersebut.


(Tiga menteri dalam Kabinet Kerja berfoto bersama peserta Kirab Pemuda Nusantara 2017 di Blitar, Kamis, 7 Desember 2017, Medcom.id - Rendy Renuki)

Melalui KPN 2017, 73 pemuda dari 34 provinsi mendatangi 100 kabupaten dan kota di Indonesia. Masa kegiatan yaitu 72 hari. Acara penutupannya di Blitar.

Menteri Imam mengatakan kegiatan itu memberikan pendidikan kebhinekaan pada peserta. Ia berharap para peserta dapat menularkan ilmu tersebut kepada sesama pemuda.

"Kami salut kepada 73 orang yang masuk dalam tim KPN, yang akhirnya menambah wawasan budaya dan agama di Tanah Air. hal ini seperti menjaga NKRI sesuai Nawa Cita Presiden Joko Widodo," ujar Puan.


(RRN)