Risma Sebut Anak-anak Muda pun Bisa Jadi Pahlawan

Amaluddin, Syaikhul Hadi    •    Kamis, 10 Nov 2016 15:44 WIB
hari pahlawan
Risma Sebut Anak-anak Muda pun Bisa Jadi Pahlawan
Risma memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November, MTVN - Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Anak-anak bisa menjadi pahlawan bangsa. Caranya memanfaatkan teknologi informasi untuk memajukan bangsa.

Demikian disampaikan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini alias Risma dalam upacara Peringatan Hari Pahlawan di Balai Kota Surabaya, Kamis 10 November. Lantaran itu Risma pun mendorong anak-anak muda bijak menggunakan teknologi itu.

Anak-anak muda sekarang, lanjutnya, harus berhadapan dengan teknologi informasi. Kemajuan teknologi bisa menjadi ancaman dan godaan yang menjerumuskan anak-anak muda.

"Tapi kalau bijak menghadapinya, teknologi informasi lebih bermanfaat. Anak muda yang mampu melakukan itu, mereka adalah pahlawan," kata Risma.


(Aksi teatrikal memperingati Hari Pahlawan di Sidoarjo, MTVN - Hadi)

Generasi muda tak perlu mengangkat senjata layaknya pejuang di medan perang. Mereka cukup menggunakan pemikiran dan kepedulian.

"Ketika ada orang yang mau tulus menolong orang lain yang menderita, bagi saya itu adalah pahlawa. Jadi, semua orang bisa jadi pahlawan. Tapi memang ada yang berjuang secara khusus di eranya," lanjut perempuan pertama Surabaya yang menjabat sebagai Wali Kota itu.

Sementara itu, Ketua Lembaga Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jawa Timur, Hartoyik, berharap anak-anak Surabaya tumbuh menjadi tulang punggung bangsa. Sehingga Indonesia dapat lebih adil, makmur, dan sentosa sesuai harapan para pahlawan.

"Saya optimistis anak-anak  akan bisa membawa negara menjadi lebih makmur,” harap Hartoyik.   


(Sejumlah siswa mengikuti kegiatan peringatan Hari Pahlawan di Sidoarjo, MTVN - Hadi)

Peringatan Hari Pahlawan pun digelar di Sidoarjo. Puluhan siswa SMA Al-Muslim Waru berorasi di depan Taman Makam Pahlawan di Jalan Raya Pahlawan.

Humas SMA AL-Muslim Sidoarjo, Azam Afian Dinata, mengatakan kegiatan itu bertujuan mengingatkan para siswa untuk menghormati perjuangan pahlawan. Sekaligus, lanjutnya, kegiatan itu menanamkan nilai-nilai kepahlawanan pada generasi muda.

Selain berorasi, mereka juga menggelar doa bersala dan menaburkan bunga di makan pahlawan. 

Kegiatan serupa pun berlangsung di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Sidoarjo. Puluhan pegawai mengikuti upacara. 

"Kegiatan seperti ini tak lain untuk mengenang jasa para pahlawan. Karena mereka, kita bisa seperti sekarang ini," kata Kepala KPP Madya Sidoarjo, Teguh. 



(RRN)