TNI dan Polri Tandatangani MoU Amankan Pemilu

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 01 May 2018 14:47 WIB
tni-polri
TNI dan Polri Tandatangani MoU Amankan Pemilu
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Medcom.id - Daviq

Malang: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengaku menandatangani nota kesepahaman atau memorandum of undertanding (MoU) dengan Polri. Salah satu poin dalam MoU itu yaitu pengamananan pemilihan umum (Pemilu).

"TNI sudah membuat MoU dengan Polri yang saya tanda tangani tujuannya adalah TNI membantu Polri dalam hal pengamanan pemilu," katanya kepada awak media saat meninjau Latihan PPRC di Divif 2 Kostrad, Senin 30 April 2018.

Penandatanganan MoU, ungkap Hadi, untuk melibatkan TNI dalam membantu  tugas kepolisian untuk mengantisipasi pemilihan kepala daerah serentak di 171 provinsi, kabupaten, dan kota.

Selain itu juga untuk pengamanan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Agustus 2018 mendatang serta pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Bali, Oktober mendatang.

"Bentuknya apa saja tergantung dari model-model apa yang akan dihadapi kepolisian, itu yang juga kita nilai," lanjutnya.

Sebagai informasi, nota kesepahaman TNI-Polri tersebut ditandatangani Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di sela rapat pimpinan di Markas Besar TNI, 23 Januari lalu.

Nota kesepahaman ini merupakan perpanjangan kerjasama yang sebelumnya diteken oleh Kepala Polri Jenderal Timur Pradopo dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono pada Januari 2013 lalu.

"Latihan PPRC ini juga dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme TNI. Kita harus profesional dulu, sehingga ketika diminta bantuan Polri kita sudah tidak ada masalah lagi dan kita bisa berikan dukungan kepada Polri," jelasnya.


 


(RRN)