Pemkot Surabaya Berencana Bangun Sekolah di Lombok

Amaluddin    •    Selasa, 07 Aug 2018 18:27 WIB
Gempa Lombok
Pemkot Surabaya Berencana Bangun Sekolah di Lombok
Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, saat jumpa pers di Balai Kota Surabaya. Medcom.id/Amaluddin

Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyatakan Pemkot Surabaya akan membangun sekolah di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Risma tidak ingin pendidikan anak korban gempa terganggu.

"Kita lagi ngumpulkan uang karena banyak sekolah yang rusak sedangkan Pak Presiden (Jokowi) mau bantu rumah untuk warga. Makanya bantuan ini kami wujudkan dengan membangun sekolah," kata Risma, sapaan akrabnya, di Surabaya, Selasa, 7 Agustus 2018.

Risma mengaku sudah menerjunkan tim untuk survei sekolah mana saja yang tidak layak huni, pasca terjadinya gempa di Lombok. Nantinya, Pemkot Surabaya akan membangun sekolah agar anak-anak korban terdampak gempa bisa terus sekolah.

"Kebutuhannya kurang lebih Rp880 juta, dan kami akan membangun satu sekolah disana," katanya.

Ada beberapa alasa Risma ingin membangun sekolah di Lombok. Di antaranya bantuan seperti logistik maupun obat-obatan menurutnya sudah sangat melimpah. Oleh karena itu, Risma ingin sumbangan uang yang diberikan pemkot diwujudkan untuk membangun sekolah.

"Jadi, biar anak-anak bisa kembali bersekolah lagi pasca gempa," kata Risma.

Saat ini, Risma mengaku fokus penggalangan dana guna membantu pembangunan sekolah di Lombok. Ia mengaku sampai saat ini belum mengirimkan tim relawan ke Lombok dengan alasan bantuan relawan disana sudah banyak.

"Makanya saya lebih konsentrasi ngumpulkan uang untuk membangun satu sekolah dulu," kata Risma.

Pemkot Surabaya sendiri telah membuka Posko Peduli Korban Gempa Lombok di halaman Balai Kota Surabaya, sejak Minggu, 5 Agustus 2018. Sampai saat ini, uang yang sudah terkumpul terhitung sejak kemarin mencapai Rp617 juta. Masing-masing sumbangan berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekolah SD dan SMP serta masyarakat Surabaya.


(SUR)