Imbas Kecelakaan KA Sancaka

Perjalanan Kereta Terlambat hingga 9 Jam

Kusbandono    •    Senin, 09 Apr 2018 16:17 WIB
kecelakaan kereta api
Perjalanan Kereta Terlambat hingga 9 Jam
Kereta Api (KA) Argo Wilis relasi Surabaya-Bandung melintas di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur. (ANT/Siswowidodo)

Jember: Jadwal kedatangan dan keberangkatan tiga rangkaian kereta api jarak jauh di wilayah Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur, masih terlambat di sejumlah stasiun meski jalur kereta di Ngawi sudah bisa dilalui setelah kecelakaan KA Sancaka. 

"Jadwal kedatangan dan keberangkatan KA Ranggajati, KA Logawa, dan KA Sritanjung terganggu, " kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember, Luqman Arif, kepada Medcom.id, Senin 9 April 2018.

Dia menjelaskan keterlambatan kedatangan beberapa kereta karena terbatasnya kecepatan saat melalui lokasi kecelakaan KA Sancaka di Walikukun. 

Baca: Kecelakaan KA Sancaka Masih Ganggu Jadwal Perjalanan

"Kedatangan KA Ranggajati di Stasiun Jember pada Minggu 8 April 2018 mengalami keterlambatan sekitar 490 menit atau delapan jam lebih," tuturnya. 

Mestinya, KA Ranggajati tiba di Stasiun Jember pukul 20.00 WIB, Minggu 8 April 2018. Namun baru tiba pada Senin 9 April, pukul 4.10 WIB. KA Logawa dan KA Sritanjung juga mengalami keterlambatan kedatangan, lebih dari sembilan jam.

"PT KAI mohon maaf atas keterlambatan kedatangan kereta tersebut dan hak penumpang atas kelambatan juga telah diberikan yakni berupa service recovery kepada penumpang," jelasnya. 

Baca: Sopir Trailer Jadi Tersangka Kecelakaan KA Sancaka

Service recovery yang diberikan berupa makanan ringan dan minuman ketika terjadi kelambatan tiga jam. Sedangkan kelambatan hingga lima jam, akan diberikan makanan berat dan minuman.

Keterlambatan kedatangan kereta di sejumlah stasiun tersebut berdampak pada keberangkatan tiga KA jarak jauh di wilayah Daop 9 Jember. 

Seperti KA Ranggajati mengalami keterlambatan berangkat sekitar 72 menit, KA Logawa terlambat berangkat sekitar 50 menit, dan KA Sritanjung terlambat berangkat 10 menit.

"Hari ini kemungkinan kedatangan tiga rangkaian KA jarak jauh tersebut juga mengalami keterlambatan, namun kelambatan diperkirakan menurun banyak dan kemungkinan jalur sudah mulai normal pada Selasa (10 April," bebernya.

Baca: Masinis KA Sancaka Tewas di Lokasi Kecelakaan



(LDS)