Empat Titik di Jombang Wasapda Karhutla

Nurul Hidayat    •    Senin, 28 Aug 2017 17:15 WIB
kebakaran lahan dan hutan
Empat Titik di Jombang Wasapda Karhutla
Sisa kebakaran hutan dan lahan di Desa Kedunglumpang, Kecamatan Mojoagung, Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Empat hutan di Kabupaten Jombang masuk dalam zona rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Hal ini disebabkan cuaca panas saat musim kemarau, banyak ranting dan dahan kering yang mudah terbakar.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang, kawasan rawan karhutla adalah hutan di Kecamatan Kabuh, Ngusikan, Wonosalam, dan Kecamatan Mojoagung.

"Saat ini, yang menjadi penyebab kebakaran yaitu faktor manusia yang dengan sengaja membakar lahan atau hutan. Sedangkan, faktor alam hingga saat ini masih belum ada laporan," kata Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Jombang Gunadi di kantornya, Jalan K.H. Wahid Hasim, Jombang, Jawa Timur, Senin 28 Agustus 2017.

Gunadi berharap, masyarakat di sekitar wilayah rawan karhutla turut berperan aktif. Jika ada kebakaran, segera lapor BPBD Kabupaten Jombang atau pemadam kebakaran serta dinas terkait, agar segera ditangani.

"Jika kami mendapat laporan, akan koordinasikan dengan dinas terkait untuk upaya penangulangannya. Misalnya, laporan di Desa Pengampon, Kecamatan Kabuh. Kita bersama pemadam kebakaran langsung menuju lokasi untuk memadamkan api," imbuhnya.

(Baca: Empat Karhutla Terjadi di Jombang Sepanjang Juli-Agustus 2017)


(NIN)