Korban Meninggal Laka Lantas di Jombang Menurun Drastis

Nurul Hidayat    •    Rabu, 05 Jul 2017 16:48 WIB
ramadan 2017
Korban Meninggal Laka Lantas di Jombang Menurun Drastis
Kecelakaan Bus Restu yang mengakibatkan satu korban meninggal di Jombang, Jawa Timur -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Sepanjang Operasi Ramadniya 2017 Polres Jombang pada 19 Juni-4 Juli 2017, tercatat ada 27 kecelakaan dengan satu korban meninggal. Korban meninggal menurun drastis dibanding 2016 dalam kurun waktu yang sama, yaitu mencapai tujuh orang dengan jumlah kecelakaan sama.

"Tren korban meningal dunia turun hingga 85 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan, untuk korban luka berat dan luka ringan mengalami kenaikan. Tidak ada korban luka berat pada 2016, namun tahun ini menjadi satu orang. Sementara, jumlah korban luka ringan dari 45 orang di 2016, menjadi 49 pada 2017," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana di Jombang, Jawa Timur, Rabu 5 Juli 2017.

Inggal menjelaskan, faktor utama yang menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas adalah kesalahan manusianya sendiri. Mulai dari tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas hingga mengambaikan arahan dari petugas di lapangan.

"Pengendara yang tidak memakai alat keselamatan berkendara maupun melanggar marka jalan masih menjadi penyebab utama kecelakaan di Kabupaten Jombang selama Operasi Ramadniya 2017," terangnya.

Menurut Inggal, pelaksanaan Operasi Ramadniya 2017 di Kabupaten Jombang secara keseluruhan berjalan kondusif. Keberhasilan pihaknya menurunkan korban meninggal dunia adalah berkat kesiapan anggota satlantas Polres Jombang yang sigap mengantisipasi di daerah rawan kecelakaan.

"Selain itu, ada juga Tim Joker yang melaksanakan strong point di titik-titk blackspot untuk melakukan penindakan apabila ditemukan kendaraan yang ugal-ugalan," pungkasnya.


(NIN)