Gus Ipul Minta Pelayanan Publik di Jatim Prioritaskan Lansia

Amaluddin    •    Sabtu, 19 Aug 2017 15:40 WIB
lansia
Gus Ipul Minta Pelayanan Publik di Jatim Prioritaskan Lansia
Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf saat membuka acasa Peringatan Hari Lansia Nasional Tingkat Provinsi Jatim. --MTVN/Amal--

Metrotvnews.com, Surabaya: Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, meminta seluruh pelayanan publik memprioritaskan masyarakat yang lanjut usia (lansia). Lansia harus diprioritaskan karena kondisi fisik dan pikirannya sudah menurun.

"Pelayanan publik seperti rumah sakit, perbankan, dan lainnya harus memprioritaskan lansia. Jangan sampai lansia mengantri, tidak terurus, dan kecewa. Karena itu para lansia harus diprioritaskan," kata Gus Ipul, sapaan akrabnya, saat Peringatan Hari Lansia Nasional Tingkat Provinsi Jatim di halaman Masjid Akbar Surabaya, Sabtu, 19 Agustus 2017. Data Dinas Sosial Jatim, lanjut Gus Ipul, jumlah lansia di Jatim sangat banyak, yakni sebanyak 4,4 juta lansia dengan usia rata-rata 71-72 tahun. Setiap tahunnya, jumlah tersebut bertambah sekitar 140.000 orang.

"Karena itu mereka harus diperhatikan. Salah satu bentuk perhatian dari Pemprov adalah menerbitkan Perda Nomor 5/2007 tentang Meningkatkan Kesejahteran Lanjut Usia. Perda ini diharapkan menjadi payung hukum bagi seluruh stakeholder untuk meningkatkan kesejahteraan para Lansia," ujarnya.

Melalui Perda tersebut, kata Gus Ipul, Pemprov Jatim bekerjasama dengan Pemkab/kota se-Jatim bersama-sama membangun Karang Wredha di setiap desa, membentuk yayasan lansia, serta menyelenggarakan kegiatan untuk para lansia. 

"Dengan begitu, para lansia tetap produktif di usia senja. Hadirnya karang wredha adalah untuk memfasilitasi dan mengajak para lansia tetap sehat melalui kegiatan olahraga, menjaga pola makan, membiasakan hidup sehat, serta tetap profuktif. Pasalnya, di karang wredha, para lansia juga didampingi, dilatih, dan didorong untuk berkarya sesuai potensi dan lingkungannya masing-masing," kata Gus Ipul.



(ALB)