Cuaca Ekstrem Malang Mungkin Berulang

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 11 Dec 2018 18:43 WIB
cuaca ekstrem
Cuaca Ekstrem Malang Mungkin Berulang
Petugas menormalisasi sungai di Kota Malang. Foto: Istimewa/Humas Pemkot Malang

Malang: Plt Ketua Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kota Malang Handi Priantono mengatakan cuaca ekstrem di Kota Malang, Jawa Timur, masih bisa terjadi di kemudian hari. Pasalnya, curah hujan disertai angin terjadi hampir merata di Indonesia.

"Warga Kota Malang diminta untuk tetap berhati-hati dan memerhatikan serta menjaga lingkungan dengan sebaik-baiknya," katanya, Selasa 11 Desember 2018.

Dia mengimbau setiap lingkungan mencermati saluran dan drainse yang ada. Saluran jangan sampai tersumbat sampah agar tak menyebabkan banjir.

Sejumlah titik di Kota Malang kebanjiran pada Senin, 20 Desember 2018, akibat hujan deras selama kurang lebih satu jam. Tim Unit Reaksi Cepat (URC) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang berkolaborasi dengan Satgas BPBD Malang serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang untuk menormalisasi saluran air.

Tim BPBD Malang juga telah menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji dan kebutuhan lain di beberapa titik.

Baca: Petugas Langsung Menyisir Sampah Penyebab Banjir

Kepala DPUPR Kota Malang, Hadi Santoso mengatakan kegiatan bersih-bersih sampah atau normalisasi hari ini dilakukan sejak pagi. Sampah seberat 10 meter kubik atau sekitar dua truk lebih dari sejumlah wilayah.

"Faktanya itu yang terlihat dan ditemukan. Dan ini, sekali lagi bukan sekali dua kali kita temukan. Sampah dan sampah bikin terhambat arus air sekaligus meluap ke jalan jalan," ujarnya.
 


(SUR)