Ahmad Wanedi Janjikan Toilet Layak untuk Warga Kelurahan Pisang Candi

Daviq Umar Al Faruq    •    Senin, 09 Apr 2018 09:19 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Ahmad Wanedi Janjikan Toilet Layak untuk Warga Kelurahan Pisang Candi
Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1 Ahmad Wanedi janjikan toilet umum bersih kepada Warga RW 04 Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Senin, 9 April 2018. Foto: Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq.

Malang: Warga RW 04 Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang mengeluhkan masalah sanitasi di wilayahnya. Sebab sehari-hari sebagian warga masih harus melakukan aktivitas kakus di sungai karena tidak tersedianya jamban komunal di wilayah tersebut.

"Kalau permasalahan di sini ya tidak ada jamban komunal, biasanya warga selalu di sungai," kata Ketua RW setempat, Eko Sutiaji, 65, Senin, 9 April 2018. 

Eko menjelaskan, warga sekitar telah berupaya mengajukan jamban komunal kepada pemerintah sejak lama. Namun, hingga saat ini masih belum ada bantuan dari pemerintah yang terealisasikan.

"Sudah lama, sejak masa Abah Anton (Wali Kota Malang non aktif) kita sudah ajukan tapi ya gitu, bilangnya nanti akan dibangun tapi nyatanya sampai sekarang belum ada sama sekali," jelas Eko.

Selain masalah jamban, Eko juga menyesalkan permasalahan tidak adanya lampu penerangan jalan di wilayahnya.

"Bisa lihat sendiri mas, di wilayah ini mana ada lampu jalan. Jadi kalau malam ya lampunya dari rumah warga saja. Gelap kalau malam," ucap Eko.

Menanggapi keluhan warga tersebut, Calon Wakil Wali Kota Malang nomor urut 1 Ahmad Wanedi menyampaikan bahwa masalah ketersediaan WC umum bersih untuk masyarakat Kota Malang merupakan salah satu dari 25 program Menawan (Menangkan Nanda-Wanedi).

"Itu sudah masuk dalam program kita, jadi pasti ketersediaan WC umum yang sehat dan bersih bagi masyarakat akan kami prioritaskan," kata Wanedi.

Sehingga, calon wakil wali kota pasangan dari Ya'qud Ananda Gudban ini meminta agar warga tidak khawatir dengan permasalahan tersebut.

Sebab, dirunya mengaku apabila terpilih akan berusaha menggenjot pembangunan di Kota Malang dengan mengoptimalkan program-program yang telah mereka sediakan.

"Akan kita kejar pembangunan di kota Malang, insyaallah 25 program Menawan akan kita realisasikan," pungkas Wanedi.

Sebagai informasi, ada tiga pasangan caon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Malang 2018. Yakni pasangan Ya'qud Ananda Gudban-Ahmad Wanedi yang merupakan calon dari koalisi PDIP, PPP, PAN, Hanura, dan NasDem. 

Sedangkan, pasangan Moch Anton-Syamsul Mahmud merupakan kandidat yang didukung PKB, Gerindra dan PKS. Terakhir, pasangan Sutiaji-Sofyan Edi adalah jagoan dari Partai Golkar dan Demokrat.


(DEN)