DPD Tekankan Pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Penguasaan Teknologi

Anggi Tondi Martaon    •    Rabu, 12 Sep 2018 19:53 WIB
berita dpd
DPD Tekankan Pentingnya Wawasan Kebangsaan dan Penguasaan Teknologi
Wakil Ketua DPD RI Akhmad Muqowam -- Foto: dok DPD RI

Jakarta: Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Akhmad Muqowam menekankan pentingnya pemahaman kebangsaan dan penguasaan teknologi. Kedua hal tersebut dianggap penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian disampaikan Muqowam di hadapan ratusan mahasiswa peserta Masa Prabakti Mahasiswa (Mapram) Universitas Peradaban, Brebes. "Seakan masyarakat Indonesia lupa akan jati dirinya sebagai Manusia Indonesia yang berfalsafah Pancasila dan berpegang pada UUD 1945,” kata Muqowam dalam keterangan tertulis, Rabu 12 September 2018.

Muqowam mengungkapkan, salah satu pemahaman yang perlu ditanamkan setiap pribadi bangsa Indonesia adalah menjauhi intoleransi. Sebab, intolerasni merupakan sumber kehancuran, terlebih Indonesia merupakan suatu bangsa yang begitu majemuk dan beragam.

”Apalagi anak-anak muda di kampus ini berasal dari berbagai daerah dengan beragam budaya, agama dan kepercayaannya”, tegas senator dari Jawa Tengah ini.

Selain menanamkan pemahaman kebangsaan, Muqowam juga mengingatkan para mahasiswa untuk menguasai Teknologi Informasi. Dengan begitu, setiap insan bisa menyikapi berbagai perubahan yang bersifat cepat, instan dan borderless.

“Kita tidak bisa menghindari lompatan teknologi, harus kita ikuti, kalau tidak kita akan ketinggalan dan tidak akan bisa punya prestasi”, pesan Muqowam.

Dalam rangka penguasaan teknologi bagi mahasiswa, ia meminta pihak Universitas setidaknya menyediakan sarana komputer dan akses internet gratis di area kampus. Meskipun Universitas Peradaban berada di kota kecil, namun hal itu bukanlah sebuah masalah.

”Lokasi bukanlah masalah, dengan teknologi informasi semua punya kesempatan yang sama, mereka dapat mengakses dunia sekalipun”, ucap Muqowam.


(Des)