Polres Jombang Terjunkan Tim Joker untuk Mengurai Kemacetan

Nurul Hidayat    •    Jumat, 23 Jun 2017 12:41 WIB
mudik lebaran 2017
Polres Jombang Terjunkan Tim Joker untuk Mengurai Kemacetan
Tim Joker Satuan Lalu Lintas Polres Jombang -- MTVN/Nurul Hidayat

Metrotvnews.com, Jombang: Tim Joker Satuan Lalu Lintas Polres Jombang diterjunkan untuk mengurai kemacetan di sejumlah titik di Jombang, Jawa Timur. Joker adalah tim khusus yang diterjunkan mengatasi kepadatan arus mudik dan balik Lebaran 2017.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Jombang Ajun Komisaris Polisi Inggal Widya Perdana menjelaskan, Tim Joker terdiri dari 50 personel yang terbagi dalam 10 grup. "Mereka disebar di sejumlah lokasi yang diprediksi sebagai titik macet, di antaranya di Kecamatan Mojoagung, pintu keluar tol bandara, serta Jembatan Ploso," kata dia di Mapolres Jombang, Jumat 23 Juni 2017.

(Baca: Prediksi Kemacetan di Kabupaten Jombang saat Mudik Lebaran 2017)

Menurut Inggal, Tim Joker dapat melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan. Bisa dengan mengalihkan arus lalu lintas ke jalur alternatif, ataupun melakukan upaya contra flow sesuai dengan standar operasional prosedur.

"Upaya yang dilakukan Tim Joker tentunya dikoordinasikan dengan personel lain yang ditugaskan di lapangan," jelasnya.

(Baca: Hari Libur Jelang Ramadan, Warga Mudik Lebih Awal)

Inggal mengatakan, ada delapan Tim Joker yang bertugas setiap harinya. Sedangkan, dua tim lainnya sebagai cadangan. Hal ini dilakukan guna menjaga stamina tim saat bertugas.

"Agar tidak kelelahan, karena tim ini bertugas penuh pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Untuk itu digunakan sistem roling dalam bertugas," pungkasnya.


(NIN)