Mahasiswa di Sumenep Minta Penegak Hukum Bekerja Lebih Profesional

Rahmatullah    •    Senin, 11 Dec 2017 19:45 WIB
unjuk rasa
Mahasiswa di Sumenep Minta Penegak Hukum Bekerja Lebih Profesional
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Ekstra Parlemen (Gempar) menggelar aksi di depan Kejaksaan Negeri dan Mapolres Sumenep -- medcom.id/Rahmatullah

Sumenep: Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Ekstra Parlemen (Gempar) menggelar aksi di depan Kejaksaan Negeri dan Mapolres Sumenep. Mereka menuntut penegak hukum dua instansi tersebut bekerja lebih profesional.

"Selain lebih profesional, kita ingin penanganan korupsi juga lebih transparan," kata koordinator aksi Mahfud Amin di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin, 11 Desember 2017.

Namun, Mahfud enggan menyebut penanganan kasus yang dinilai lamban. Ia hanya menegaskan, akan kembali turun ke jalan dalam waktu dua minggu ke depan jika tidak ada perkembangan.

Terpisah, Kepala Kejari Sumenep Bambang Panca mengaku lebih mengedepankan pencegahan tindak pidana korupsi. Meski begitu, dia menegaskan tidak akan membiarkan persoalan yang sudah terjadi.

"Untuk tahun ini tidak ada tunggakan kasus dan kita sudah atur untuk 2018. Tenaga jaksa sudah kita kondisikan untuk lebih bagus dari 2017," terangnya.

Sedangkan, Kabagren Polres Sumenep Endri Prasetyo mengatakan mendapat dukungan dengan adanya aksi damai tersebut. Dia berharap pergantian sejumlah porsonel penting di internal Polres memberikan semangat baru dalam penanganan kasus dugaan korupsi.

"Saya belum bisa menjelaskan (berapa kasus dugaan korupsi yang ditangani), karena saya masih pejabat baru di sini," ujarnya.

Pastinya, lanjut dia, penegakan hukum tetap menjadi prioritas. Selain dugaan korupsi, tindak pidana lain juga akan dituntaskan.


(NIN)