Puluhan Rumah di Bondowoso Rusak Diterjang Puting Beliung

Nur Azizah    •    Jumat, 15 Dec 2017 02:47 WIB
puting beliungbencana alam
Puluhan Rumah di Bondowoso Rusak Diterjang Puting Beliung
Ilustrasi angin puting beliung. medcom.id/Mohammad Rizal

Bondowoso: Puluhan rumah di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur rusak diterjang angin puting beliung. Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso, Winarto mengatakan, angin puting beliung datang usai hujan turun.

"Saat itu hujan turun dengan intensitas tinggi. Sekitar satu jam kemudian, angin puting beliung datang," kata Winarto seperti dilansir dari Antara, Kamis 14 Desember 2017.

Akibatnya, puluhan rumah di Desa Kejawan, Kecamatan Grujugan dan Desa Grujugan Lor, Kecamatan Jambesari rusak berat. Angin puting beliung juga menumbangkan pohon-pohon besar.

"Untuk jumlah pasti berapa rumah warga terdampak angin putting beliung belum ada karena kami masih melakukan pendataan. Yang pasti jumlahnya puluhan rumah," katanya.

Selama memasuki musim hujan tahun ini, tercatat sudah ada sekitar 80 rumah yang rusak akibat angin puting beliung. Puluhan rumah tersebut tersebar di Desa Petung, Kecamatan Pakem, dan Desa Banyuwuluh, Jatisari, serta Desa Ardisaeng Kecamatan Wringin.

Baca: Puluhan Rumah di Indramayu Diterjang Angin Puting Beliung


(AGA)