Hanya 5 Perlintasan Kereta di Jombang Punya Pintu

Nurul Hidayat    •    Senin, 18 Dec 2017 21:14 WIB
kecelakaan kereta
Hanya 5 Perlintasan Kereta di Jombang Punya Pintu
Ilustrasi kecelakaan kereta, Medcom.id - M Rizal

Jombang: Sebanyak 50 perlintasan kereta api di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, tak memiliki palang pintu. Hanya lima perlintasan di kabupaten tersebut yang memiliki pintu.

Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengatakan delapan kecelakaan terjadi di perlintasan kereta sepanjang tahun 2017. Seluruh kecelakaan memakan korban.

“Seluruh korban tewas, termasuk baru-baru tejadi ini yakni anggota satlantas polres jombang, Briptu Sherif Gagah, yang menjadi korban saat hendak menghalau pengendara yang menerobos palang pintu yang sudah tertutup,” kata Inggal di Mapolres Jombang, Senin, 18 Desember 2017.

Inggal mengatakan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk mengoptimalkan pengamanan di perlintasan kereta. Salah satunya yakni dengan pemberdayaan karang taruna.

"Terus kami evaluasi mengingat begitu banyaknya perlintasan tanpa palang pintu yang ada di Kabupaten Jombang,” Imbuhnya.

Selain itu, ia juga akan mengusulkan warning system kereta tidak hanya ditempatkan pada perlintasan kereta saja. Tapi juga, peringatan dipasang pada lokasi yang berjarak 500 meter dari perlintasan kereta.


(RRN)