Disdik Jombang Berhentikan Sementara Guru Cabul

Nurul Hidayat    •    Jumat, 02 Mar 2018 09:39 WIB
pencabulan
Disdik Jombang Berhentikan Sementara Guru Cabul
Ae saat digelandang di Mapolres Jombang. (Medcom/Nurul Hidayat)

Jombang: Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jombang berhentikan sementara AE, 34, guru cabul di sebuah SMP negeri di Jombang ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Skors dilakukan untuk menghormati proses hukum yang berjalan.

"Kemarin kita tunggu surat perintah penahanannya, setelah kita dapat saat ini tengah diajukan untuk penghentian sementara terhadap yang bersangkutan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang, Budi Nugroho kepada Medcom.id di Kantornya. Jumat 2 Maret 2018.

Budi menjelaskan, status AE masih sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Jombang saat ini. Namun Disdik Jombang masih menunggu  putusan hukum tetap untuk memecat AE.

Budi irit bicara perihal ada tidaknya pendampingan hukum terhadap AE. Lantaran AE telah mencoreng nama baik institusi pendidikan di Jombang. 

Kepala Satuan Reserse kriminal polres jombang, AKP Gatot Setyo Budi, menuturkan berkas perkara AE hampir selesai dan segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Jombang.

Baca: Korban Guru Cabul di Jombang Capai 25 Anak

"Sudah hampir selesai dan sebentar lagi langsung akan kita limpahkan," tegasnya.

Sebelumnya, Guru di sebuah SMP negeri di Jombang berinisial AE, mencabuli puluhan muridnya. Tindakan bejat tersangka dilakukan sekitar tujuh bulan lalu. 

Hasil pemeriksaan sementara, AE telah mencabuli 27 siswa di luar kegiatan belajar mengajar. Korban merupakan siswi kelas 7, 8, dan 9 SMP. 

Kasus mencuat setelah sebagian korban melapor ke Mapolres Jombang pada Senin, 12 Februari lalu. Dari hasil pemeriksaan korban dan saksi, polisi menetapkan AE jadi tersangka. 

AE dijerat Pasal 82 UU tentang Perlindungan Anak. Kini AE telah ditahan di Mapolres Jombang untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.


(LDS)